Berita

96,7 Persen Siswa PDM Lulus PTN

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) telah mengantarkan peserta didiknya lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), 96,7 persen atau sebanyak 88 dari 91 orang alumninya tahun ini.

Hal ini dikatakan, Mukmin sebagai Kepala Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Menurutnya, setiap tahun PDM punya target meluluskan anak didiknya di PTN seratus persen. Bahkan sudah lima tahun berturut-turut PDM meluluskan siswanya seratus persen ke PTN di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Universitas yang ada di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan lainnya.

“Alhamdulillah, sampai saat ini kami sudah meloloskan anak didik kami ke Perguruan Tinggi sebanyak 88 orang, sisanya empat orang lagi masih di upayakan dan saat ini menunggu pengumuman dari beberapa Univeritas seperti STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Pokonya target kami harus tercapai seratus persen seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Mukmin.

Dirincikan, dari 88 orang yang telah dinyatakan diterima di PTN yakni melalui SNMPTN sebanyak 19 orang, PMDK PN (Politeknik) sebanyak 32 orang, di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) sebanyak 17 dan SPAN PTKIN sebanyak 20 orang. Bahkan ada di antara mereka yang dinyatakan lulus pada beberapa Universitas.

Jurusan yang diambil oleh anak didiknya juga sangat bervariasi. Seperti Program Studi Informatika di UNS, Teknik Pertambangan di ITERA. Prodi Hukum, Teknik Industri dan Kedokteran di USU. Prodi Akuntansi dan Hubungan Internasional di UNSOED. Manajemen Keuangan, Administrasi Bisnis, Keuangan dan Perbankan Syariah di Poltek Negeri Jakarta. Juga ada prodi produksi tanaman dan holtikultura di Poltek Negeri Jember. Prodi Manajemen Bisnis di Poltek Ngeri Sriwijaya. Prodi manajemen Informatika, Teknik Sipil di Poltek Negeri Medan. Prodi Manajemen Pemasaran di Poltek Negeri Semarang. Prodi Budidaya Ternak, agribisnis di Poltek Negeri Payakumbuh dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, alumni kami sudah menyebar pada berbagai Unversitas Negeri terbaik di berbagai daerah di Indonesia. Harapannnya kedepan mereka inilah bagian dari penerus bangsa yang akan mampu bersaing dengan dunia internasional. Maka tugas kami di PDM menyiapkan mereka dengan sebaik-baiknya sebagai kader calon intelektual muslim serta menjemput cita-cita mereka yang lebih gemilang. Mohon doanya,” pungkas Mukmin.

Jafar Syahbuddin Ritonga, DBA yang merupakan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) yang mengelola PDM juga membenarkan bahwa lima tahun terakhir PDM berhasil mengantarkan seratus persen alumninya ke berbagai PTN yang ada di Indonesia ini. Bahkan pengakuannya, selain target kelulusan seratus persen mereka juga punya target PTN terpilih dan terbaik bukan hanya asala Perguruan Tinggi Negeri.

“Syukur Alhamdulillah target kami lima tahun terakhir terwujud untuk meluluskan seratus persen ke PTN. Selain itu, saya sampaikan kepada Kepala Madrasah Aliyah agar memprioritaskan PTN yang favorite dan diakui sepak terjangnya yang terbaik. Sehingga diharapkan kedepan almuni PDM menjadi pioner pemimpin dan penerus bangsa yang siap bersaing di dunia internasional,” ungkapnya.

Direktur PDM ini menegaskan, mereka sekarang ini sudah berada dalam posisi yang tepat sebagai pesantren pencetak calon intelektual muslim. Dibuktikan dengan alumninya yang tersebar diberbagai perguruan Tinggi favorite dan terbaik yang ada di Indonesia ini. Bahkan menurutnya, sekarang ini PDM sedang menjajaki agar alumninya bisa kuliah di Luar Negeri yang secara khusus pada jurusan sains dan teknologi mulai dari Malaysia, Singapura, Rusia, Amerika Serikat, Jerman dan negara-negara lainnnya.

“Kami sedang menjajaki cara untuk mengantarkan anak didik kami diterima pada Univeritas di luar Negeri. Sebenarnya sudah ada dua orang anak didik kami yang saat ini masih menjalani proses seleksi untu kuliah di Luar Negeri yakni anak Kami M Anwar Ibrahim dan Ribhi Marbun. Dan kedepan ini juga menjadi target kami di PDM. Mohon doa dari kita semua,” tutup Jafar yang juga merupakan dosen pascasarjana di salah satu Universitas Swasta Ternama di Medan. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button