Berita

96 Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatara Utara menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di gedung serbaguna UPT PTKP Sumut Jalan H Ulakma Sinaga, Rambung Merah, Simalungun, Senin (23/9/2019).

Jujur Sihombing yang pada kesempatan itu membuka pelatihan menyampaikan rasa syukurnya atas pelaksaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Disampaikan kepada semua peserta yang hadir agar berpegang pada 3 prinsip yakni pengetahuan, sikap dan keterampilan.

“Saya percaya, kita bisa terapkan ini di dalam pelatihan ini. Kemungkin besar semua peserta ini tidak lagi kesulitan bersaing di dunia kerja, bahkan tidak lagi kesulitan untuk mencari pekerjaan sesuai dengan basis yang kita pelajari dan kita praktekkan di sini,” katanya.

Dalam pelatihan ini, panitia telah mengundang instruktur dari Kementerian Ketenagakerjaan, termasuk dari Lembaga Produktivitas Nasional (LPN).

Adapun program atau paket dalam pelatihan berbasis kompetensi yang diikuti 96 peserta ini adalah pembuatan roti dan kue, otomotif/sepedamotor, komputer dasar, jaringan computer, audio video dan menjahit.

Sedangkan tujuan dilakukan Pelatihan Berbasis Kompetensi ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan memberikan keterampilan kepada masyarakat sekaligus modal untuk bisa diterima di dunia kerja. Bahkan peserta juga bisa membuka usaha sendiri.

Samuel Sijabat SE salah seorang pejabat di UPT PKK Pematangsiantar mengatakan, sebelumnya calon peserta pelatihan terlebih dulu dilakukan pemeriksaan berkas pendaftarannya. Kemudian diadakan seleksi dan wawancara. Dari sana dapat diketahui pilihan program pelatihan yang akan diikuti.

“Setiap program berbeda masa pelatihannya. Ada 25 hari, 20 hari hingga 30 hari. Dan yang paling lama itu 35 hari untuk program menjahit,” ujar Samuel.

Setelah selesai pelatihan teori dan praktek, maka kompetensi peserta akan diuji lagi oleh LSP BBPLK Medan. Bagi yang lulus bisa mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Provinsi (BNSP).

“Kalau sudah lulus, peserta itu hanya bahwa pas poto 3×4 merah 6 lembar, foto kopi KTP 2 lembar dan foto copy izajah terakhir sebanyak 2 lembar,” terangnya. (sby)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button