Berita

9 Kecamatan di Asahan Belum Selesai Rekapitulasi

ASAHAN, FaseBerita.ID – Perhitungan rekapitulasi Pemilu 2019 di Kabupaten Asahan tingkat kecamatan belum usai.

Dari 25 kecamatan di Asahan, baru 16 kecamatan yang menyelesaikan rekapitulasi perhitungannya. Sementara itu, 9 kecamatan lagi sedang berjalan.

“Laporan yang kami terima saat ini baru ada 16 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang sudah selesaikan hasil pleno rekapitulasinya,” kata Ketua KPU Asahan Hidayat, Sabtu (27/4/).

Namun, pihaknya optimis sembilan PPK yang masih melakukan proses rekapitulasi penghitungan suara Pilpres dan Pileg akan menyelesaikan tugasnya paling lambat dua hari mendatang.

Sementara itu, menurut jadwal pleno yang ditetapkan, penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan memiliki batas waktu untuk melakukan pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan hingga 4 Mei 2019 mendatang.

“Prediksi kami dua hari lagi selesai itu semua. Tapi kalau belum selesai juga lanjut saja,” ujarnya.

Adapun sembilan PPK yang masih terus melakukan proses rekapitulasi diantaranya PPK di Kecamatan Kisaran Barat, Kecamatan Kisaran Timur, Kecamatan Air Joman, dan Pulau Rakyat mengingat pada daerah kecamatan tersebut terdapat TPS dengan jumlah yang banyak.

“Kendala ya, karena desa serta jumlah tempat pemungutan suara (TPS)-nya banyak,” sebutnya.

Sementara itu, berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dijelaskan bahwa pengumuman rekapitulasi hasil pemilu di tingkat kecamatan dilakukan dalam rentang waktu 18 April 2019 hingga 4 Mei 2019. (Per)

iklan usi



Back to top button