Berita

9 Balon Walikota Sibolga Ambil Formulir ke NasDem

Ada Edi Polo, Darwin Pohan dan Pantas ML Tobing

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Sibolga mulai hari Senin, 23 September hingga 23 Oktober 2019, membuka pendaftaran bagi Bakal Calon (Balon) Walikota/Wakil Walikota Sibolga yang akan diusung Partai NasDem untuk ikut pada pilkada serentak tahun 2020.

Ketua Panitia Pendaftaran Partai NasDem Sibolga, Bismar Panjaitan didampingi Wakil Ketua Afdal dan Zulhan Sitanggang kepada New Tapanuli, Rabu (25/9/2019) di kantor partai Jalan KH A Dahlan Kelurahan Pancuran Dewa, Sibolga Sambas, menyampaikan bahwa tahapan jadwal penerimaan pendaftaran balon walikota dari Partai NasDem. Disebutkan, tanggal 23 September 2010 adalah pengumuman ke publik, kemudian sejak tanggal 23 September hingga 23 Nopember 2019 pendaftaran dibuka.

“Sejak 24 September hingga 31 Nopember 2019 semua balon yang mendaftar dan mengembalikan berkasnya akan melakukan pemaparan visi, misi dan strategi di kantor DPD Nasdem Sibolga. Lalu tanggal 1 hingga 5 Nopember 2019 pleno DPD/DPW dan tanggal 6 hingga 8 Nopember 2019 penyerahan berkas ke DPP. Selanjutnya dari Nopember hingga Desember 2019, tim pilkada pusat akan mengundang DPW/DPD dan balon untuk wawancara,” jelas Bismar.

Menurutnya, untuk pleno tingkat DPD Kota Sibolga, nantinya akan diseleksi 3 balon yang akan diusulkan ke DPW. Dan di DPW, jika memang dirasa perlu, masih dapat menambah dua balon lagi yang sudah mendaftar di DPD hingga jumlahnya secara maksimal 5 bacalon untuk diusulkan ke DPP.

“Hingga hari ini, sudah ada 9 balon yang ambil formulir di kantor DPD Nasdem Kota Sibolga,yakni, Darwin Pohan, Taruli Asi Sipahutar, Andi P Nainggolan, Sulhan Sitompul, Hotma Nainggolan, Pantas M L Tobing, Saparuddin Tanjung, Tommy Sitompul, dan terbaru Edi Polo Sitanggang,” jelasnya.

Namun menurut ketua tim penjaringan ini, hingga hari ketiga, belum ada satupun yang mengembalikan formulir tersebut. Menurut dia, DPD Partai NasDem Kota Sibolga nantinya akan memplenokan balon yang akan diusulkan sesuai petunjuk PO (Peraturan Organisasi) Partai NasDem pasal 10 ayat 1 yang berbunyi, bahwa DPD mengusulkan kepada DPW sebanyak 3 balon dilengkapi dengan dokumen.

“Ayat 2 disebutkan, DPW melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan usul DPD sebagaimana dimaksud pada ayat 1, ayat 3 disebut DPD dapat menambah paling banyak 2 balon di luar usul DPD sebagaimana dimaksud pada ayat 1, namun walaupun hanya menetapkan 3 di DPD, semua-berkas-berkas balon yang sudah mendaftar akan dikirim ke DPW,” jelasnya.

Lanjut dia, Partai Nasdem memiliki beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi balon yang mendaftar, di luar persyaratan yang dibuat oleh KPU, di antaranya, berpotensi untuk menang, popularitas, disukai akseptabilitas, elektabilitas dan memiliki kemampuan melakukan mobilisasi dukungan logistic.

Kemudian memiliki kompetensi dan komitmen kepada rakyat dan Partai NasDem, lalu bersedia menandatangani pakta integritas yaitu mengundurkan diri bila melakukan tindak pidana ekstrimisme, korupsi, kekerasan terhadap anak perempuan dan narkoba.

“Selanjutnya, bersedia melaksanakan survei pada lembaga survei yang disetujui oleh DPP. Wajib melibatkan struktur partai dalam pemenangan pilkada, wajib melibatkan saksi partai NasDem dalam pemenangan pilkada dan menyerahkan kelengkapan administrasi berupa surat permohonan menjadi balon kepada Ketua Umum Partai NasDem, DPP, Ketua DPD/DPW Partai NasDem. Surat pernyataan kesediaan yang bersangkutan sebagai calon KDH/wakil KDH dan tidak akan mengundurkan diri sebagai calon dari partai NasDem,” kata ketiganya.

Kemudian, kata afdal, menyerahkan daftar riwayat hidup, dokumen visi dan misi terkait kepemimpinan dan komitmen terhadap daerah dan Partai NasDem. Menyerahkan pasfoto 4×6 berwarna sebanyak 2 lembar dan menyerahkan berkas pendaftaran sebanyak 3 rangkap. (mis)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close