Berita

8 Bulan Pandemi Covid-19, Ada Warga Belum Terima Bantuan

FaseBerita.ID – Sejak pandemi Covid-19, hampir seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat terdampak. Pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah, telah mengalokasikan dana bantuan bagi warga terdampak Covid-19.

Namun di Kabupaten Labuhanbatu, masih ada warga kurang mampu atau prasejahtera sama sekali belum pernah menerima bantuan dari pemerintah. Padahal pandemi Covid-19 telah terjadi selama delapan bulan.

“Saya sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan terdampak Covid-19 dari pemerintah. Padahal ada beberapa jenis bantuan, baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah,” ujar Syahrul Aman Hasibuan (40), warga Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (17/11) siang.

Menurut Syahrul, sebelumnya dirinya telah menyerahkan kartu keluarga (KK) kepada kepala lingkungan setempat, saat pemerintah mengumpulkan data masyarakat sebagai penerima bantuan.

Hal yang sama dialami Lida (60) warga Kelurahan Kota Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.

Lida yang menumpang di rumah saudara kandungnya di Jalan Ahmad Yani, hidup dengan segala keterbatasan ekonomi.

“Kartu Keluarga juga telah diserahkan kepada pihak kelurahan, namun Lida tidak pernah mendapatkan bantuan terdampak Covid-19 apapun dari pemerintah,” ujar Fauzan, keponakan Lida.

Mereka sangat berharap pemerintah daerah, provinsi, maupun pusat, agar menambah jumlah penerima bantuan terdampak Covid-19.

Selain itu, kata mereka, pemerintah harus jeli dalam mendata, supaya bisa mengutamakan masyarakat kurang mampu dalam penyaluran bantuan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu, Zainuddin, mengatakan penambahan kuota penerima bantuan terdampak Covid-19 belum ada petunjuk dari pemerintah.

“Penambahan untuk bantuan untuk saat ini belum ada petunjuk,” kata Zainuddin saat dikonfirmasi wartawan melalui Whatsapp pribadinya.

Saat ditanyakan jumlah masyarakat Labuhanbatu penerima bantuan terdampak Covid-19 dari pemerintah pusat, Zainuddin tidak memberikan balasan. (bud)

iklan usi



Back to top button