Berita

777 Mahasiswa USI Diberangkatkan KKU: Jangan Malu, Tunjukkan Kalau Kita Mampu Bersaing

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sebanyak 777 mahasiswa Universitas Simalungun (USI) diberangkatkan untuk pengabdian Kuliah Kerja Usaha (KKU), Selasa (9/7/2019) di Aula Kampus setempat. Acara diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya.

Marulam MT Simarmata selaku Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) USI dalam sambutannya mengatakan, pihaknya selaku yang dipercaya untuk menyusun, merancang dan menjalankan Tri Dharma selalu memberikan penekanan kepada mahasiswa, dosen pembimbing dan seluruh staf pelaksana KKU.

“Mahasiswa diberikan kebebasan untuk berpikir kreatif dan bertanggungjawab dalam permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha ekonomi. Sebab untuk menyelesaikan permasalahan dibutuhkan kemampuan memberikan solusi-solusi kreatif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa,” ujarnya.

Marulam berharap untuk program ke depannya LPM USI, program KKU sebagai modal belajar partisipatif mahasiswa harus menjadi inovator dan dinamisator dalam pengembangan pusat ekonomi dalam masyarakat.

“Diharapkan mahasiswa menambah pengalaman secara real dan membentuk moral kepribadian yang memiliki karakteristik yang positif dan bermanfaat bagi masa depan mahasiswa,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Rektor USI DR Corry MSi mengatakan dan mengajak mahasiswa agar memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang kesempatan untuk menambah ilmu dan wawasan serta menjadi modal kelak saat sudah keluar dari kampus.

Dia yakin mahasiswa Universitas Simalungun memiliki intelektual dan kemampuan yang mumpuni dan dapat bersaing dengan kampus-kampus lainnya.

“Pada saat melaksanakan KKU tunjukkanlah kualitas moral yang baik. Jangan pernah mencampuri keuangan mereka. Tetapi ikutilah prosedur yang berlaku di mana nanti anda KKU. Kalau baik di rumah pasti baik di lapangan. Pergunakanlah waktu selama dua bulan ini untuk mencari ilmu. Dan, selalu mambawa nama baik Universitas Simalungun,” ujarnya.

Corry berpesan kepada mahasiswa yang akan berangkat KKU selalu menjaga nama baik almamater.

“Jangan pernah malu dan minder dengan universitas lain. Tunjukkan kalau kita bisa bersaing dengan universitas lainnya,” sebutnya seraya mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 bulan.

Adapun mahasiswa yang akan diberangkatkan berasal dari lima Fakultas. Seperti Fakulyas Ekonomi sebanyak 245 peserta yang tersebar di 63 lokasi. Fakultas Pertanian 163 peserta tersebar di 35 lokasi. Fakultas Keguruan 112 peserta tersebar di 24 lokasi. Fakultas Hukum 199 peserta tersebar di 35 lokasi. Dan Fakultas Teknik sebanyak 58 orang yang tersebar di 9 lokasi. (mag04/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close