Berita

77 Ha Kebun Sawit Masyarakat dapat Program PSR

FaseBerita.ID – Seluas 77 hektar lahan tanaman kelapa sawit masyarakat yang tergabung dalam gabung kelompok tani (Gapoktan) Mekar Jaya di Desa Tanjung Siram, Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, mendapatkan bantuan dari program peremajaan sawit rakyat (PSR).

Peremajaan lahan tersebut di kelola oleh PT Siringo-Siringo (Musim Mas Group) sebagai mitra Gapoktan Mekar Jaya dari mulai pengolahan lahan, penanaman, hingga tanaman kelapa sawit itu siap panen atau berproduksi.

“Program PSR ini direncanakan berlangsung mulai penanaman sekitar 30-49 bulan, kemudian peserta Gapoktan akan mendapat hasil produksi,” kata Manager Kemitraan Musim Mas Group, Siswondo Parman saat memberikan sambutannya pada acara Launching penanaman perdana program PSR, Rabu (10/6) siang di Desa Tanjung Siram.

Ketua Gapoktan Mekar Jaya Irham Amri Hasibuan menyampaikan bahwa, jumlah luas lahan Gapoktan Mekar Jaya Desa Tanjung Siram yang mendapat bantuan PSR yakni lebih kurang seluas 77 hektar dengan beranggotakan sebanyak 33 peserta.

‘Kami berharap PT Siringo-ringo dapat terus menjadi mitra Gapoktan mekar jaya kedepannya dengan membentuk pola sebagai bapak angkat,” ujarnya.

Kepala Kecamatan Bilah Hulu, Hamdy Erazona pada kesempatannya, mengatakan bahwa pihaknya sangat  sangat mendukung kegiatan yang bersifat positif.

“Apalagi program tersebut, untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Kadis Pertanian Labuhanbatu Agus Salim Ritonga menjelaskan, program PSR ini merupakan program dana hibah dari BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) yang diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki lahan yang sudah tidak bermanfaat hasilnya.

Dalam rangkaian kegiatan itu, diperlihatkan cara pengolahan lahan dengan menggunakan alat berat beko untuk menyumbangkan tanaman kelapa sawit, hingga di cincang kemudian diratakan dengan tanah.

Turut hadir pada acara Lanching penanaman perdana program Peremajaan Sawit Rakyat tersebut, pihak kantor cabang bank BRI, Kades Tanjung Siram, PPL desa Tanjung Siram, dan sejumlah anggota Gapoktan Mekar Jaya. (bud/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button