Berita

7 Anak Diamankan Setelah Mencoblos

MADINA, FaseBerita.ID – Tujuh anak berusia di bawah 17 tahun, diamankan setelah melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14 Mompang, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (17/4).

Ketujuh anak tersebut diduga menggunakan suara dengan modal kertas C6 milik orang lain dalam DPT di tempat yang sama. Tujuh anak ini dipastikan telah menggunakan suara, dengan bukti jari yang telah dicelup pada tinta biru di TPS itu.

Menurut Ketua PPK Panyabungan Utara, Syahdenan, tidak ada perbedaan signifikan dalam DPT yang dikeluarkan dan didaftar KPPS. Hanya saja, ia menduga, anak yang diamankan menggunakan C6 milik orang lain dalam mendapatkan surat suara.

“Kalau daftar DPT tidak ada perbedaan. Mungkin, ada yang menyuruh mereka menggunakan suara ini dengan C6,” ungkapnya.

Begitupun katanya, data terakhir, tidak ada warga yang telah pindah maupun meninggal dunia, dan  masuk DPT.

Saat ini, tujuh anak yang diamankan masih dalam penyelidikan Sentra Gakkumdu di Kantor Bawaslu Madina. Informasi lengkap terkait hasil penyelidikan tersebut, masih dihimpun hingga sore kemarin.

“Tujuh anak itu, kita belum terima nama-namanya dan data serta hasil penyelidikan siapa yang mengarahkan mereka. Sekarang mereka ditangani Gakkumdu,” kata Ketua Panwascam Panyabungan Utara, Ahmad Yani.

Sementara dugaan yang menyeruak, tujuh anak itu diarahkan oleh salahsatu calon Legislatif di Daerah Pemilihan V DPRD Kabupaten Madina untuk menggunakan suara untuk sosok calon itu. (san)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close