Berita

7.628 PKH Siantar Terima Bantuan Sosial Beras

Untuk Siantar Timur 1.105 PKH

SIANTAR, FaseBerita.ID– Sebanyak 7.628 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) untuk  Kota Pematang Siantar menerima pembagian (BSB) Bantuan Sosial Beras) dari pemerintah.  Bantuan beras sosial ini diperuntukkan khusus KPM Program Keluarga Harapan.

Demikian diungkapkan Kabid Sosial Dinsos Siantar R Sinaga, kemarin. Dia berharap pembagian BSB ini sangat membantu kondisi masyarakat di tengah pandemic covid-19 saat ini.

Kabid Sosial yang didampingi Lurah Siopat Suhu, Asuhan, Pardomuan penyaluran ini akan untuk 3 bulan.

Sementara itu Korcam PKH Siantar Timur Lacai Purba menjelaskan, penerima beras ini hanya KPM Program Keluarga Harapan. Di mana, bantuan beras yang disalurkan adalah untuk bulan Agustus, September dan Oktober.

Banyaknya beras yang disalurkan 15 kilo gram per bulannya untuk setiap KPM. Penyaluran sekarang untuk dua bulan sekaligus, yakni Agustus dan September sebanyak 30 kg.

Beberapa penerima bantuan yang mengetahui penyaluran bantaun beras ini sangat bersyukur dengan kondisi ekonomi yang terpuruk di tengah pandemic covid-19 ini.

Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan bantuan sosial beras (BSB) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bansos beras ini akan diberikan setiap bulan hingga Oktober 2020.

Dikutip dari website Kemensos, syarat agar bisa menerima bansos beras ini yakni harus terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Berdasarkan data Kemensos, akan ada 10 juta warga yang menerima bansos ini. Syarat penerima bansos yakni KPM PKH karena pertama, peserta PKH merupakan keluarga miskin dan rentan terdampak pandemi COVID-19.

Peserta PKH Kemensos harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dimana data tersebut telah dimutakhirkan. Kedua, dalam keluarga peserta PKH terdapat anak-anak, lanjut usia dan penyandang disabilitas yang perlu mendapatkan perlindungan dan pemenuhan nutrisi.

Ketiga, Program PKH telah memiliki struktur SDM yang baik, sehingga lebih memudahkan dalam proses pendampingan dan pemantauan program bansos besar. Dan terakhir, peserta PKH bukan sasaran program Bantuan Sosial Sembako (BSS) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Jumlah bantuan sosial beras ini sebanyak 15 kg/KPM/bulan selama 3 bulan yakni Agustus hingga Oktober 2020. Bulan September disalurkan sebanyak 30 kg untuk alokasi bulan Agustus dan September. Kemudian sebanyak 15 kg disalurkan pada bulan Oktober 2020. Beras yang digunakan sebagai BSB dipasok oleh Perum Bulog.  (fi/leo) 





Back to top button