Berita

625 Warga Binaan Terima Remisi Kemerdekaan di Lapas Siantar

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi kepada 625 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar, yang terletak di Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Remisi umum bagi narapidana dan anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun 2020.

Remisi ini diserahkan oleh Zainal Siahaan, yang mewakili Walikota Siantar didampingi Rudy Fernando Sianturi Amd IP SH, Senin (17/8/2020) di  Lapas Pematangsiantar. Dihadiri dari perwakilan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Siantar dan Pengadilan Negeri Simalungun.

Adapun remisi 625 orang, dengan kategori I 609, ketegori II 16 orang, 1 orang bebas langsung dan 15 orang masih menjalani subsider.

Saat ini jumlah keseluruhan WBP sebanyak 1.647 orang, jumlah WBP asimilasi 516 orang.

Kalapas Siantar Rudy Fernando Sianturi melalui Humas H Sitanggang menuturkan, pembinaan dan proses pemasyarakatan di Lapas bisa mengubah perilaku warga binaan saat kembali ke masyarakat dan tak lagi melakukan tindakan kriminal lagi.

Sementara Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam sambutanya tertulisnya, berpesan agar warga binaan menghindari perbuatan yang melanggar hukum. Yasona juga mengingatkan petugas Lapas untuk melaksanakan tugas sesuai aturan, karena sudah banyak petugas yang terbukti melanggar dan akhirnya diberhentikan dan dihukum sesuai kesalahannya.

“Jangn bermain-main kepada narkoba. Jangan terlibat, jangan terpancing. Kami tidak segan segan untuk menghukum pelaku penyalahgunaan narkoba,” kata Yasona, dalam pidatonya yang disiarkan secara vitual ditonton oleh pegawai lapas dan narapidana yang mendapat remisi.

Kepada jajaran Lapas di Indonesia, agar mendidik narapidana untuk berkarya. Mengajak pihak ketiga untuk bekerjasama.(ros/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button