Berita

600 PNS Siantar Jalani Tes Urine Narkoba

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pemerintah Kota Pematangsiantar melakukan tes urine kepada ratusan pegawai negeri sipil (PNS). Pemko Siantar menargetkan melakukan pemeriksaan kepada 600 PNS, Senin (23/12) di kantor Dinas Kesehatan, Jalan Sutomo kota Pematangsiantar Sumut.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar Sinuhaji mengatakan, pemeriksaan dilakukan kepada seluruh PNS dan calon PNS.

Dari total keseluruhan, Sinuhaji mengatakan, terdapat 600 lebih pegawai yang akan diperiksa secara bertahap.

Kegiatan tes urine dilakukan sebagai implementasi dari inpres no 6 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019.

“Ya ini sesuai dengan arahan Presiden. Nanti hasilnya akan kita berikan kepada Walikota untuk ditindaklanjuti jika ada pegawai yang positif menggunakan Narkoba” ujarnya.

Sinuhaji menambahkan terkait terdapatnya PNS yang tidak hadir pada pemeriksaan pada hari ini, BNN akan melakukan pendataan dan pemeriksaan kembali.

“Bagi yang tidak datang pada hari ini, nanti kita akan data dan lakukan tes urine kembali. Karena ketidakhadiran tentu banyak faktor, termasuk untuk menghindari pemeriksaan,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, Ronald H Saragih mengungkapkan, pemeriksaan masih dilakukan kepada pejabat eselon.

Hasil pemeriksaan akan dirujuk oleh Badan Kepegawaian Daerah dan BNN Kota Pematangsiantar. Selain PNS, Dinas Kesehatan akan melakukan tes urine kepada sopir bus menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Pemeriksaan dilakukan pada pejabat eselon dua, tiga dan empat. Nanti jika penanganan kepada pegawai yang positif pengguna narkoba akan ditindaklanjuti oleh BKD dan BNN. Selain itu nantinya kami (Dinas Kesehatan) juga melakukan tes kepada sopir bus,” tutup Ronald. (Mag-04)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button