Berita

6 Rumah Terbakar di Kelurahan Simare-mare Kota Sibolga

FaseBerita.ID – “Tolong… Api… Api…” Demikian jerit seorang wanita di Lingkungan III, Jalan Sutomo, antara ujung Gang Serumpun dengan Gang Tanpa Nama, Kelurahan Simare-mare, Sibolga Utara, Kamis (5/3) sekira pukul 10.30 WIB.

Suasana mencekam. Beberapa warga terlihat menangis menyaksikan bangunan rumah mereka dilalap api yang semakin lama kian membesar. “Tolong… Tolong kami. Sudah habis tempat tinggal kami,” jerit wanita lainnya di lokasi.

Ya, sebanyak enam rumah ludes terbakar pagi itu. Diduga penyebab kebakaran akibat korsleting listrik dari salah satu kediaman warga.

Informasi yang berhasil dihimpun dari lokasi kejadian, api awalnya diperkirakan berasal dari rumah Alm Sukirman yang saat ini ditempati anaknya Rini Astuti dan Era Triwikrana, setelah itu, api menyebar ke tempat lain.

“Sayang sekali, salah satu rumah yang terbakar ini baru selesai dibangun dari program rehab rumah bantuan pada warga kurang mampu. Saya lihat tadi sudah rata dengan tanah,” jelas seseorang yang tidak menyebutkan namanya saat berada di lokasi kejadian.

Tak hanya itu, seorang pria di lokasi terdengar menelepon keluarganya saat kebakaran terjadi. Dengan nada suara sedih, pria itu memberitahukan bahwa rumahnya sudah terbakar dan tidak menyisakan apapun. “Nak, rumah kita terbakar. Habis sudah semua. Hanya baju di badan dan beberapa barang yang sempat bapak selamatkan,” katanya dengan mata berkaca-kaca.

Emil, warga sekitar yang ditemui di lokasi mengatakan, awalnya ia mengetahui api berasal dari salah satu rumah yang tidak jauh dari tempat kosnya. “Rumah itu terbuat dari kayu, sehingga mudah dilahap sijago merah,” katanya sembari mengaku kurang mengetahui penyebab terjadinya kebakaran secara pasti.

Begitu terjadi kebakaran, warga langsung menginformasikan peristiwa itu ke petugas Pemadam Kebakaran Kota Sibolga yang dalam hitungan menit langsung tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api dibantu petugas Satpol PP dan BPBD Sibolga. Tak lama kemudian, mobil damkar dari Kabupaten Tapanuli Tengah turut berjibaku memadamkan api.

“Begitu dapat informasi mengenai kebakaran ini, kita langsung menurunkan petugas ke lapangan beserta 3 armada pemadam kebakaran ditambah 1 unit suplay dan 1 unit lagi suplay PDAM,” jelas Kadis Satpol PP dan Damkar melalui Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Adhy Siallagan.

Lanjut dia, selain mengerahkan Damkar Sibolga, juga ada bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Tapanuli Tengah, serta 1 unit mobil suplay BPBD Tapteng beserta petugas yang turut memadamkan kobaran api.

“Setelah berjibaku untuk memadamkan api satu jam lebih, sekira pukul 11.50 WIB api dapat dipadamkan. Tidak ada korban jiwa, sebanyak 6 rumah penduduk terbakar,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubag Humas Iptu R Sormin membenarkan kebakaran yang terjadi di Lingkungan III Kelurahan Simare-mare. “Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” jelasnya.

Akibat Kebakaran tersebut, menyebabkan kerugian materi yang belum bisa dihitung. Para warga korban kebakaran saat ini ditampung ditenda-tenda pengungsian yang didirikan oleh Pemerintah Kota Sibolga.

Adapun keenam rumah yang terbakar itu adalah rumah alm sukiman yang saat ini ditempati anaknya Rini Astuti dan Era Triwikrana. Kemudian rumah alm Hj Sutiyem yang saat ini ditempati anaknya Trissyatmoko, rumah yang ditempati keluarga Mursidi, rumah kontrakan yang ditempati Poltak Simamora, rumah kontrakan yang ditempati Victor Parlaungan dan rumah yang ditempati Suharto yang juga pensiunan TNI AD. (mis/tam)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close