Berita

6 Kelurahan Berkompetisi di Lomba Kelurahan Tingkat Kota Tanjungbalai

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai Halmayanti membuka secara resmi Perlombaan Kelurahan Terbaik Kota Tanjungbalai Tahun 2019, yang digelar di Aula Kantor Wali Kota, Rabu (10/4). Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, para lurah, dan OPD terkait.

Dalam laporannya, Kabag Pemerintahan dan Otda Pahala Zulfikar menyampaikan, enam kelurahan mengikuti Lomba Kelurahan pada tahun 2019 yakni, Kelurahan Perwira, Kelurahan Sijambi, Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kelurahan Sumber Sari, Kelurahan Pematang Pasir, dan Kelurahan Sejahtera. Ke enamnya merupakan juara pertama dari masing-masing kecamatan.

Juara pertama tingkat Kota Tanjungbalai akan mengikuti Perlombaan Kelurahan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, pada bulan Mei 2019. Melalui pelaksanaan kegiatan ini, dimaksudkan untuk evaluasi dalam mewujudkan kelurahan sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat yang harus didukung, dengan adanya sinergitas antara aparatur kelurahan, TP-PKK Kelurahan, LPM kelurahan, dan kepala lingkungan.

Evaluasi bidang pemerintahan meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pemanfataan teknologi, dan pelestarian adat dan budaya. Evaluasi bidang kewilayahan meliputi identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan investasi.

“Untuk evaluasi bidang kemasyarakatan, meliputi partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat,” sebut Pahala Zulfikar.

“Para peserta akan melakukan presentasi terkait capaian program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh peserta, dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke lapangan untuk mengecek kebenaran data-data yang disampaikan pada pemaparan hari ini,” sebutnya lagi.

Plh Sekda Kota Tanjungbalai Halmayanti SH dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, yang juga menjadi agenda nasional sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Kelurahan, bahwa lomba kelurahan-kelurahan adalah evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang cepat berkembang yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah.

“Saya coba tanya Bapak Ibu sekalian, apakah siap dan bisa meraih juara kelurahan terbaik tingkat provinsi? Harus siap dan bisa ya, karena ini juga merupakan harapan dari walikota kepada Bapak Ibu sekalian. Untuk itu, mari persiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, lakukan pembinaan yang baik, insya Allah apa yang kita harapkan pasti akan diridhoi,” ungkap Halmayanti. (ck-02/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button