Berita

6  Kapolres di Sumut Dirotasi: Asahan, Tebingtinggi, Langkat, Madina, Sidempuan dan Karo

JAKARTA, FaseBerita.ID – Enam Kapolres di Sumatera Utara ikut dirotasi bersama ratusan perwira dalam empat telegram rahasia (TR) Kapolri, tertanggal 3 Februari 2020. Yakni TR bernomor 385, 386, 387 dan TR bernomor 388 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Eko Indra Heri.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan rotasi terhadap ratusan perwira senior Polri yang kini menjabat di Mabes Polri dan di Polda-Polda di seluruh Indonesia.  Telegram Rahasia itu telah beredar di kalangan awak media.

Enam Kapolres di Sumut yang digeser dalam rotasi itu, yakni Kapolres Karo, Tebingtinggi, Langkat, Mandailing Natal, Padang Sidempuan dan Kapolres Asahan.

Kapolres Karo, AKBP Benny Remus Hutajulu digeser menjadi Wadir Samapta Polda Sumut. Posisi yang ditinggalkan Benny akan diisi oleh AKBP Yustinus Setyo Indriyono, yang sebelumnya bertugas di Lembaga Pendidikan Polri.

Sementara Kapolres Tebingtinggi, AKBP Sunadi digeser menjadi Kasubdit di Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Posisinya akan digantikan oleh AKBP James Parlindungan Hutagaol, yang sebelumnya bertugas di Brimob Polda Metro Jaya.

Kapolres Langkat, AKBP Doddy Hermawan digeser menjadi pejabat di SDM Korps Brimob Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP Edi Suranta Sinulingga yang sebelumnya di Mabes Polri.

Lalu Kapolres Madina, AKBP Irsan Sinuhaji digeser menjadi Wakapolrestabes Medan. Posisi Irsan akan digantikan oleh AKBP Horas Tua Silalahi yang sebelumnya bertugas di Baintelkam Polri.

Kapolres Padang Sidempuan, AKBP Hilman Wijaya digeser menjadi Kabag Dalops Biro Operasi Polda Sumut. Posisi Hilman akan digantikan AKPB  Juliani Prihartini yang sebelumnya Kasat Lantas Polrestabes Medan.

Sedangkan Kapolres Asahan, AKBP Faisal Florentinus Napitupulu digeser menjadi Wadireskrimum Polda Sumut. Posisi Faisal akan diisi oleh AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang sebelumnya merupakan Kapolres Natuna, Polda Kepulauan Riau.

Kapolri merotasi Wakapolrestabes Medan, AKBP Rudi Rifan yang digeser menjadi Direktur Polairud Polda DIY.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, membenarkan adanya rotasi tersebut. Menurut Tatan, rotasi yang dilakukan merupakan hal biasa.(int/fi)

 

 



Pascasarjana

Unefa
Back to top button