Berita

6 Desa di Labuhanbatu Ditetapkan jadi Desa Transformasi

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menetapkan enam desa sebagai desa transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Leo Sunarta Marpaung, Kamis (28/3) malam mengatakan, desa yang mentransformasikan perpustakaan umum berbasis inklusi yakni, Desa kampung Baru Kecamatan Bilah Barat, Desa Tebing Linggahara Kecamatan Bilah Barat, Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu, Desa Sidorukun dan Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan serta Desa Sei Tampang Kecamatan Bilah Hilir.

Kegiatan ini difokuskan pada penguatan kapabilitas masyarakat dan menitik beratkan rencana kerja utama penerima manfaat sesuai undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan tersebar di 21 Provinsi, 59 kabupaten/kota serta 300 desa di seluruh Indonesia.

“Bila masyarakat menyadari manfaat perpustakaan maka dengan sendirinya tingkat kegemaran membaca akan lebih meningkat,” katanya. Ia menjelaskan, perjuangan literasi ini sudah diperluas melampaui kemampuan abjad dan angka.

Namun, pengertian literasi sebagi wujud kognitif skill berpikir logis, kritis, analisis membagi ilmu pengetahuan dan menguasai teknologi. Selanjutnya, mentransformasikan kegiatan ekonomi produktif berbasis inklusi sosial untuk masyarakat Labuhanbatu yang cerdas dan bermartabat.

“Perjuangan literasi tidak hanya sebatas pada kemampuan mengenal abjad dan angka yang tercermin pada kemampuan membaca dan menulis serta berhitung,” jelasnya. (ant)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button