Berita

50 PTPS Kecamatan Sibabangun Ikuti Bimtek

TAPTENG, FaseBerita.ID – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dihimbau untuk melaksanakan tugasnya secara benar dan sungguh-sungguh. Pengawas TPS harus bekerja sungguh-sungguh, berintegritas dan melaksanakan prosedur dengan benar. PTPS merupakan ujung tombak Bawaslu yang akan berhadapan langsung dengan tantangan pengawasan yang dilaksanakan di lapangan.

Demikian disampaikan Ketua Panwascam Sibabangun Sopian Nasution, pada saat pelaksanaan bimbingan tekhnis (bimtek) 50 anggota PTPS se Kecamatan Sibabangun pada Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, DPRD, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, yang dilaksanakan di gedung MDA Muhammadiyah Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, Tapteng, Senin (8/4).

Sopian mengatakan, Pengawas TPS memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak yang akan dilaksanakan 17 April mendatang. Pengawas TPS ini merupakan garda terdepan di Pemilu . Dalam hal mengemban tugas, Pengawas TPS harus cerdas memastikan mengetahui by name, by addres daftar pemilih dan memastikan surat undangan sampai kepada pemilih. Pengawas TPS juga harus tahu pemilih yang menggunakan KTP elektronik atau Suket, memastikan lokasi TPS mudah dijangkau oleh pemilih, khususnya untuk pemilih disabilitas.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa peran dan fungsi PTPS sama dengan peran dan fungsi Bawaslu RI. Pengawas TPS adalah organ formal yang harus diperlakukan secara terhormat oleh KPPS dan peserta Pemilu. Posisi PTPS juga telah dipastikan akan berada di dalam TPS pada saat pemungutan suara nanti. PTPS adalah lembaga pertama yang akan menyelesaikan perbedaan pendapat ataupun konflik yang terjadi di TPS.

“Pengawas TPS harus bersikap netral dan tidak boleh memihak golongan tertentu dan mampu bekerja sungguh-sungguh sesuai tugas pokok dan fungsinya,” sebut Sopian.

Lebih jauh disampaikan, dengan melakukan pengawasan secara langsung dan berlaku netral, pengawasan yang dilakukan di TPS akan menentukan dan mengendalikan pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai harapan. Ia juga mengajak kepada semua PTPS untuk membuktikan bahwa pengawas pemilu bisa menjadi bagian yang ikut menentukan penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan jujur, transparan, dan demokratis

“Pada saat kita dipercaya sebagai penyelenggara pemilu, khususnya pengawas pemilu, disitu kita harus buktikan kita bisa menjadi bagian yang ikut menentukan pelaksanaan pilkada nanti berjalan secara damai, jujur, dan bermartabat,” tegasnya. (ztm)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button