Berita

5 Pasang di Labuhanbatu, 3 Asahan dan 3 Tanjungbalai

Pendaftar Cakada Pilkada 2020

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID-Pendaftaran calon kepala daerah Pilkada 2020 secara serentak ditutup Minggu (6/9/2020). Secara resmi pendaftaran ditutup Pukul 12.00 WIB.

KPU Labuhanbatu menerima 5 pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Labuhanbatu, KPU Tanjungbalai menerima 3 pasangan bacalon walikota dan wakil walikota Tanjungbalai dan KPU Asahan menerima 3 pasangan calon bupati dan wakil bupati Asahan.

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi di ruang kerjanya Jalan WR Supratman, Rantauprapat  menjelaskan, tahapan lanjutan yang akan dilalui ke lima Bapaslon ini diantaranya tes kesehatan jasmani didampingi Badan Narkotika Nasional (BNN) dan penelitian administrasi.

“Sampai hari ini KPU Labuhanbatu sudah memastikan yang terdaftar sebanyak lima Bapaslon dan selanjutnya akan di tes kesehatan jasmani didamping BNN dan penilitan administrasi berkas pendaftaran,” kata Wahyudi, Minggu (6/9/2020).

Dijelaskan, dari proses tahapan pendaftaran yang dimulai pada tanggal 4 – 6 September 2020 itu, KPU Labuhanbatu telah menerima lima Bapaslon masing – masing dengan dukungan partai satu diantaranya melalui jalur perseorangan.

Dari keterangan Wahyudi, di hari pertama  pendaftaran tanggal 4 September 2020 ada dua Bapaslon yang mendaftar yakni pasangan H Abdul Roni Harahap – Ahmad Jais Rambe (Roja) dengan membawa dukungan sebanyak 10 kursi dari Partai PAN, PBB dan PPP kemudian disusul Suhairi Pane – Irwan (SI) Indra dari jalur perseorangan.

Pada tanggal 5 September 2020 atau di hari ke dua pendaftaran, ada sebanyak dua bapaslon yang mendaftar yakni pasangan Erick Adtrada dan Ellya Rossa (ERA) dengan membawa dukungan sebanyak 14 kursi dari Partai PDIP, Hanura, Nasdem dan PKB dan disusul pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe – Faisal Amri Siregar dengan membawa dukungan 10 kursi dari Partai Golkar.

Selanjutnya di hari terakhir pendaftaran tanggal 6 September 2020 ada satu Bapaslon sekaligus pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU yakni pasangan Tigor – Idlin, dukungan 10 kursi gabungan dari Partai Gerindra dan Perindo.

Tiga Pasangan Calon di Tanjung Balai

Di hari ketiga pendaftaran bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020 dibuka mulai tanggal 4 September sampai 6 September 2020 mendatang, tiga Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai telah melakukan pendaftaran ke KPU Tanjungbalai.

Ketiga Bapaslon tersebut yakni pasangan HM Syahrial-Waris Tholib yang melakukan pendaftaran pada hari pertama, Jumat (4/9/2020). Sementara pasangan Eka Hadi – Bustami dan pasangan jalur perseorangan Ismail-Afrizal melakukan pendaftaran pada hari kedua, Sabtu (5/9/2020).

Amatan wartawan, di hari kedua pendaftaran Sabtu (5/9/2020) sekitar Pukul 10.00 WIB, Bapaslon Eka Hadi-Bustami mendatangi kantor KPU Tanjungbalai untuk melakukan pendaftaran didampingi tim dan partai pengusungnya.

Dan pada Pukul 14.00 WIB, Bapaslon dari jalur perseorangan, Ismail-Afrizal juga mendatangi kantor KPU Tanjungbalai untuk melakukan pendaftaran sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020.

Kedatangan ketiga Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai itu diterima oleh Ketua KPU Luhut Parlinggoman Siahaan SH beserta komisioner dan jajaran KPU di aula kantor KPU Tanjungbalai. Setiap Bapaslon beserta tim diwajibkan memakai masker serta melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki kantor KPU Tanjungbalai.

Pelaksanaan proses pendaftaran Bapaslon juga dilakukan secara terbuka melalui video live streaming di akun Facebook milik KPU Tanjungbalai, serta di publikasikan melalui layar infokus dengan tujuan agar pendukung yang turut mengantarkan Bapaslon dapat mengikuti proses pendaftaran di halaman kantor KPU Tanjungbalai.

Ketua KPU Luhut Parlinggoman Siahaan kepada wartawan mengatakan, sejak pendaftaran bagi Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020 dibuka sampai hari ini, sebanyak tiga Bapaslon yang telah melakukan pendaftaran.

“Pasangan HM Syahrial – Waris Tholib. Dan di hari kedua pendaftaran hari ini, kita juga telah menerima kedatangan Bapaslon Eka Hadi-Bustami dan pasangan dari jalur perseorangan Ismail-Afrizal untuk melakukan pendaftaran sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020,”ucap Luhut.

Luhut mengatakan, proses pendaftaran Bapaslon itu diselenggarakan sesuai PKPU No 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan serta sesuai PKPU Nomor 1 tahun 2020 dan PKPU Nomor 9 tahun 2020 tentang pencalonan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Selain itu kata Luhut, proses pendaftaran Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai itu juga dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2020 dan PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan Luhut, berkas persyaratan pendaftaran ketiga pasangan calon tersebut, saat ini masih dilakukan proses penelitian persyaratan administrasi terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan calon sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Setelah ketiga Bapaslon tersebut melakukan pendaftaran, kita akan melakukan verifikasi pada syarat pencalonan, kemudian dokumen yang di serahkan Bapaslon akan dilakukan verifikasi syarat calon, ” kata Luhut.(zas/ck-04/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button