Berita

5 Kali Beraksi di Asahan, Duo Pelaku Curanmor Dilumpuhkan 

KISARAN, FaseBerita.ID-Duo (dua) pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor),  Wira Dana alias Wira (32) dan Darwin Syahputra Nasution alias Darwin (24) menerima hadiah timah panas dari  personel Unit Jatanras Sat Reskrim Polres Asahan. Kaki keduanya ditempus peluru karena berupaya melarikan diri ketika polisi sedang melakukan pengembangan, mencari tahu berbagai lokasi pencurian sepedamotor yang pernah dilakukan spesialis curanmor itu.

Sebab, selain mencuri sepedamotor Honda Supra X BK 2369 VAP yang terparkir di halaman Masjid At Thohiroh Jalan Gatot Subroto Kelurahan Kedai Ledang Kecamatan Kisaran Timur, Wira dan Darwin mengaku pernah empat kali melakukan perbuatan yang sama di berbagai lokasi di Kabupaten Asahan.

“Total ada lima lokasi pencurian. Saat tim Jatanras sedang melakukan pengembangan atas kasus curanmor yang dilakukan tersangka W dan D, justru keduanya mencoba kabur. Sempat diberikan tembakan peringatan ke udara, tapi tak diindahkan. Jadi terpaksa petugas menembakan peluru ke arah kaki dan mengenai masing-masing tersangka,” jelas Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Rahmadani, Senin (31/8).

Lanjut Rahmadani, usai terkena peluru petugas, kedua tersangka langsung dilarikan ke RSUD H Abdul Manan Simatupang Kisaran untuk menjalani perobatan.

Sementara terungkapnya kasus curanmor ini bermula dari laporan Hidayat (60) warga Jalan Langsat Kisaran Kabupaten Asahan, 9 Agustus 2020 lalu ke Polres Asahan.

Pria itu mengaku kehilangan sepedamotor seusai menunaikan Salat Maghrib berjamaah di Masjid At Thohiroh. Padahal sebelumnya kendaraan tersebut ia parkirkan di halaman masjid dengan kondisi stang terkunci

Petugas, kata Rahmadani, langsung melakukan penyelidikan, termasuk memeriksa rekaman CCTV di masjid tersebut.

Rupanya ada masyarakat yang mengenali identitas salah satu tersangka yang belakangan diketahui bernama Wira, warga Jalan Gatot Subroto Gang Keluarga Kelurahan Sentang Kecamatan Kisaran Timur Asahan.

“Jadi begitu kami dapat informasi tersangka W sedang berada di rumahnya, petugas langsung menuju ke lokasi dan tersangka diamankan, Sabtu (29/8) dini hari sekitar jam 02.30 WIB,” ungkap Ramadhani.

Ditambahkannya, ketika diinterogasi, Wira mengakui ia melakukan pencurian sepedamotor bersama seorang temannya bernama Darwin. Tak mau buruannya kabur, polisi mendatangi rumah Darwin, di Pasar Benteng Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat, Asahan.

“Tersangka W diamankan setengah jam kemudian,” sebut mantan Kapolsek Pulo Raja itu.

Barang bukti yang berhasil disita dari tangan keduanya yaitu satu buah kunci T dan satu unit sepedamotor Supra X 125 hitam. Kini kedua tersangka sudah berada di Mapolres Asahan untuk menjalani pemeriksaan intensif, dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dalam kasus ini, kedua tersangka terancam dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan.

“Sudah ditahan, dan masih jalani pemeriksaan,” pungkasnya.(per/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button