Berita

45.350 Berkas Dukungan Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih Memenuhi Syarat

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Sebanyak 45.350 berkas dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, Irjen Pol (P) Drs Wagner Damanik MAP dan Abidinsyah Saragih dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik didampingi 4 Komisioner KPU Simalungun saat Rapat Pleno KPU di Pematang Raya, Senin (20/7/2020) sekira pukul 17.00 WIB.

Rapat Pleno tersebut terkait rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di tingkat Kabupaten Simalungun.

Raja Ahab Damanik menerangkan awalnya dukungan yang diserahkan Bapaslon kepada KPU Simalungun sebanyak 55.900, namun setelah diverifikasi faktual oleh PPS, hasilnya 45.383 dinyatakan MS.

Namun berdasarkan pengawasan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) menemukan sebanyak 33 pemilih yang berasal dari 4 Kecamatan menyatakan dirinya tidak mendukung dan tidak bersedia mengisi BA5-KWK.

Saran Bawaslu Simalungun pun diterima oleh KPU Simalungun dan KPU melakukan perbaikan terhadap 33 dukungan tersebut, maka berdasarkan Rekapitulasi KPU, total dukungan menjadi 45350 MS.

Sesuai Peraturan KPU, syarat minimal dukungan Bapaslon Perseorangan di Kabupaten Simalungun sebanyak 47.854 dukungan. Yakni 7,5 persen dari jumlah DPT terakhir di Kabupaten Simalungun sebanyak 638.042 pemilih.

Dukungan Bapaslon Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih tersebut masih kurang 2504 dukungan lagi untuk memenuhi ketentuan 47.854 dukungan.

“Kami menyarankan Bapaslon Perseorangan atau Tim Penghubung wajib memperbaiki dukungan pada masa Perbaikan. Penyerahan syarat dukungan kepada KPU Simalungun tanggal 25-27 Juli 2020,”ujarnya.

“Kemudian Verifikasi Faktual dukungan (Verfak) perbaikan pada tanggal 8-16 Agustus 2020, kita berpedoman pada jadwal yang sudah ditentukan,”sambungnya.

Ketua Bawaslu Simalungun, Choir Nasution melalui Kordiv PHL, Mulai Adil Saragih saat ditanyai para awak media, membenarkan telah menyurati KPU Simalungun perihal saran perbaikan.

“Ya benar, kita sudah menyurati KPU Simalungun supaya dilakukan perbaikan dukungan pada 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Sidamanik, Bandar Huluan, Raya Kahean dan Huta Bayu Raja,”ujarnya.(esa/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button