Berita

435 Personel Amankan Pemilu di Taput

TAPUT, FaseBerita.ID – Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara AKBP Horas Marasi Silaen bersama Dandim 0210 TU Letkol Inf Rico Siagian mengungkapkan, sebanyak 435 personel gabungan kepolisian dan TNI akan mengamankan pelaksanaan pemilihan umum 2019 di wilayah Tapanuli Utara.

“Sejumlah 275 personel Polres Taput, 30 personel BKO Brimob akan melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019,” ungkap AKBP Horas di sela-sela apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Mini Serbaguna Tarutung, Jumat (22/3).

Jumlah personel pengamanan dari kepolisian juga akan ditambah sebanyak 130 personil BKO TNI, satu pleton dari Kompi 125 Rajawali, dan dibantu sejumlah personel ASN Pemkab Taput.

Menurut Horas, seluruh personel pasukan pengamanan akan melakukan pengamanan atas pelaksanaan pemungutan suara, dengan pola penempatan personel sesuai pemetaan tingkat kerawanan.

Baca: Gelar Pasukan Mantab Brata Menjelang Pemilu

“Tingkat pengamanan titik aman, rawan satu dan rawan dua. Rawan satu adalah dari sisi jarak yang jauh dan susah dijangkau dan rawan dua yaitu adanya potensi konflik dan itu sangat relatif kecil,” terangnya.

AKBP Horas mengimbau agar seluruh personel TNI-Polri lebih selektif melihat potensi situasi kamtibmas untuk meredam sedini mungkin konflik.
“Kita juga tentu melakukan operasi intelijen,” jelasnya.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan tersebut, AKBP Horas membacakan sambutan Menko Polhukam Wiranto, yang dilanjutkan juga dengan pengucapan ikrar bersama pengamanan swakarsa oleh para peserta yang hadir dalam apel.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban.

“Dalam situasi demokrasi ini kita harapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Masyarakat juga kita imbau agar berbondong-bondong datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada Pileg dan Pilpres 17 April 2019 , dan tidak golput”, ujarnya.

Harapan serupa turut disampaikan Letkol Inf Rico yang berharap masyarakat tetap menjaga kondisi situasi aman, tertib dan kondusif. (ant/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button