Berita

425 Ball Monza Tanpa Pemilik Diamankan di Perairan Batubara

FaseBerita.ID – Petugas Bea Cukai dibantu Ditpolairud Polda Sumut mengamankan sebanyak 425 ball monza (pakaian bekas) di Perairan Sungai Bengali, Kabupaten Batubara, dari sebuah kapal motor nelayan Aria Jaya. Namun sayangnya, saat hendak diamankan seluruh awak kapal berhasil melarikan diri.

Muatan kapal pakaian bekas impor yang diperkirakan mencapai Rp850 juta ini berasal dari Malaysia. Kini seluruh barang bukti beserta kapalnya tengah diamankan di dermaga khusus Bea Cukai di Belawan.

Humas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Amri yang dihubungi wartawan, Senin (30/3) membenarkan tentang adanya penangkapan tersebut dan saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap isi kapal.

“Penangkapan berawal dari laporan intelijen yang menyebutkan bahwa kapal bermuatan pakaian bekas akan melintas di Sungai Menggali, Kabupaten Batubara,” ujarnya.

Mendapatkan informasi tersebut, petugas patroli BC langsung turun ke lokasi dan melakukan pengejaran.

Namun,  awal kapal KM Aria Jaya yang mengetahui kapalnya dibuntuti, melarikan diri dan meninggalkan kapal mereka yang bermuatan pakaian bekas.

Saat ini sejumlah barang bukti yang diamankan juga sudah disemprot cairan disfektan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19. “Sedangkan untuk pemeriksaan adanya narkoba kita lakukan menggunakan anjing pelacak,” ujar Amri.

Larangan impor barang bekas telah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015. Impor pakaian bekas tidak hanya dapat mengancam industri garmen di dalam negeri tapi juga dapat mengancam kesehatan masyarakat.

Terutama dalam situasi global yang sedang dilanda wabah Covid-19, penyelundupan pakaian bekas akan sangat berbahaya bagi masyarakat Indonesia. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button