Berita

410 Calon PPK Simalungun Disuguhkan 50 Pertanyaan

FaseBerita.ID – Kegiatan serupa dilakukan KPU Simalungun. Namun pesertanya jauh lebih banyak di daerah ini, yakni 410 peserta.

KPU Simalungun melaksanakan seleksi ujian tertulis terhadap 410 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Simalungun di SMP Negeri 2 Kecamatan Siantar, Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Kamis (30/1) sekira pukul 14.00 WIB.

Peserta calon PPK Simalungun saat mengikuti ujian tertulis, Kamis (30/1).

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik saat diwawancarai dilokasi ujian, menerangkan seleksi ujian tertulis itu tahap II setelah seleksi administrasi dilakukan.

“410 Peserta ujian akan disuguhkan sebanyak 50 pertanyaan kemudian mereka menjawab soal dengan waktu 90 menit dan setiap peserta mendapat soal berbeda-beda,” ujarnya.

Sambung, Raja Ahab Damanik, awalnya pendaftar calon anggota PPK di KPU Simalungun berjumlah 423 orang, tetapi setelah penelitian administrasi dinyatakan 13 calon orang tidak memenuhi syarat.

“Peserta yang mengikuti ujian seleksi tertulis hari ini sejumlah 410 orang dari 423 orang pendaftar calon PPK tapi 13 kita temukan tidak memenuhi syarat karena tidak mencantumkan Surat Keterangan Kesehatan dan tidak melampirkan fotokopi ijazah yang dilegalisir,” terangnya.

Lanjut Raja Ahab Damanik mengatakan bahwa seleksi tertulis itu untuk menyaring 10 orang Per Kecamatan, akan tetapi ada beberapa Kecamatan yang pesertanya tidak 10 orang nantinya tidak boleh diumumkan.

“Ada beberapa Kecamatan tidak 10 orang per-Kecamatan setelah seleksi administrasi, yang sebelumnya pada waktu pendaftaran hanya 10 orang, seperti Kecamatan Dolok Silau, Pematang Silimakuta,” sebutnya.

Masih Raja Ahab Damanik mengutarakan hasil seleksi ujian tertulis itu akan diumumkan sesuai timeline KPU Simalungun, tanggal 3-5 Februari 2020.

“Hasil seleksi tertulis ini akan diumumkan tanggal sesuai timeline KPU Simalungun, nanti bisa dilihat dari website KPU dan Facebook KPU Simalungun akan ada postingan pengumuman,” tuturnya.

Raja Ahab Damanik menjelaskan, 10 besar hasil ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara pada tanggal 8-10 Februari.

“Hasil ujian wawancara akan diumumkan tanggal 15-21 Februari 2020 dengan urutan rangkin 1 sampai 10. Urutan 1 sampai 5 besar, itulah yang akan ditetapkan sebagai anggota PPK, sementara urutan 6 sampai urutan 10 disebut sebagai cadangan,” ucapnya.

Raja Ahab Damanik berharap dalam seleksi tertulis itu mendapatkan calon anggota PPK yang benar-benar memiliki keilmuan dari Kepemiluan.

“Karena yang utama yang kita cari calon yang memiliki ilmu pengetahuan kepemiluan, dan kita berharap kepada masyarakat Simalungun untuk memberikan tanggapan kepada KPU terhadap seluruh rekam jejak anggota PPK tersebut,” imbuhnya.

Pihaknya menyadari bahwa KPU Simalungun tidak sepenuhnya mendapatkan informasi dari masing tiap calon, KPU Simalungun butuh bantuan dari seluruh masyarakat untuk memberikan masukanmelalui formulir telah disiapkan formulir berjudul tanggapan masyarakat.

“Diformulir itu bisa ditulis nama calon anggota PPK yang rekam jejaknya kurang baik dan menulis nama yang memberikan tanggapan, tapi kita menjamin tidak akan membocorkan siapa yang memberikan tanggapan tersebut, ini sifatnya rahasia,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, para peserta tampak serius   mengikuti ujuan dan kegiatan diawasi oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Simalungun, Bobbi Dewantara Purba, Michael Richard Siahaan dan staff, Rudolf Samosir. (mag-05)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close