Berita

405 Pelajar Siantar-Simalungun Lolos SNMPTN Tanpa Testing

FaseBerita.ID – Pelajar asal Kota Pematangsiantar dan Simalungun sebanyak 406 orang, lolos ke perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019.

Berdasarkan data dari Unit Pelaksana Tekni Daerah (UPTD) Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, siswa SMA sederajat Siantar-Simalungun itu masuk ke Universitas Sumatera Utara sebanyak 64 orang, di Universitas Negeri Medan menempati urutan kedua yakni 46 orang.

Kasi SMA UPTD Pendidikan Sumatera Utara Cabang Siantar Drs Hamonangan Aruan mengapresiasi keberhasilan tersebut dan diharapkan prestasi terus ditingkatkan.

Adapun pelajar SMA sederajat yang lolos dari Siantar sebanyak 172 orang. Dimana 1 orang masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Walau cukup banyak yang lolos, namun kondisi ini masih menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: 3.874 Siswa Lulus di USU dan Unimed

“Tahun 2019 ini Kota Siantar hanya mengirimkan 172 siswa/i masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan tersebut. Namun ada satu kebanggaan bagi Kota Pematangsiantar, khususnya SMA Negeri 2 Pematangsiantar itu. Salah seorang siswi nya yaitu Fathia Maisarah, lolos ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,” ucapnya, Jumat (28/3).

Siswa yang mengambil jurusan PMIA itu menjadi satu-satu nya siswa/i se-Kota Siantar yang masuk ke PTN bergengsi tersebut. Tercatat, sejak 2 tahun terakhir SMA N 2 Siantar tidak terwakilkan di Universitas Indonesia.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button