Berita

40 Desa di Humbahas akan Gelar Pilkades Serentak

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Sebanyak 40 desa di Kabupaten Humbang Hassundutan (Humbahas) bersiap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 14 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP2A) Elson Sihotang melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa (APD) Jusmar E Simamora menyebut, ada 77 desa yang masa jabatan kadesnya akan segera berakhir, namun hanya 40 desa yang akan menggelar pilkades.

Menurut Jusmar, hal itu disebabkan terbatasnya anggaran.

“Anggaran yang ditampung hanya cukup untuk 40 desa tadi,” kata Jusmar, Selasa (24/9) di ruang kerjanya.

Diutarakannya, 40 desa yang akan menggelar pilkades tadi tersebar di delapan kecamatan yang diikuti 109 kontestan.

“Tahapannya sedang berjalan. Dan saat ini sudah memasuki tahap pengumuman daftar pemilih tambahan (DPTB),” ucapnya.

Untuk kelancaran dan suksesnya kegiatan Pilkades tersebut, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat para calon kades yang turut dalam kontestasi, agar warga dapat memilih pemimpin yang amanah. Serta nantinya benar-benar mampu membawa perubahan yang lebih baik di desanya.

Dia mengimbau, masyarakat desa yang ikut dalam pesta demokrasi tersebut untuk menghindari pertikaian. Supaya proses demokrasi dapat berjalan dengan baik tanpa merusak kekeluargaan serta tatanan kehidupan sosial masyarakat.

“Mudah-mudahan  berjalan dengan aman, lancar dan damai, sehingga dapat terpilih pemimpin (Kades) yang amanah. Kita sangat berharap masyarakat agar menghindari pertikaian,” pintanya.

Berikut nama-nama desa yang akan melakukan pemilihan kepala desa serentak:

Kecamatan parlilitan yakni, Desa  Sionom Hudon Tonga, Sionom Hudon Utara, Sionom Hudon Selatan, Sionom Hudon Timur, Sionom Hudon Selatan serta Sionom Hudon Toruan. Kecamatan Dolok Sanggul, yakni Desa Pariksinomba, Purba Manalu, Sihite I, Sileang, Matiti I, Sirisirisi, Pakkat, Simangaronsang, Bonanionan dan Desa Hutabagasan.

Kecamatan Paranginan, yakni Desa Lumban Sialaman, Sihonongan, Lumban Barat dan Lobu Tolong. Kecamatan Pakkat, yakni Desa Karya, Siambaton, Parmonangan, Banuarea, Pulogodang, dan Desa Sijarango I. Kecamatan Onan Ganjang, yaitu Desa Onan Ganjang, Parbotihan, Sampetua, Hutajulu, Sigalogo serta Desa Aek Godang Arbaan. Kaecamatan Pollung, Yaitu Desa Pollung, Riaria, Parsingguran II, Aek Nauli I dan Aek Nauli II. Sementara, Kecamatan Baktiraja hanya dua desa, yakni Desa Simamora dan Desa Simangulampe disusul Kecamatan Sijamapulang yang hanya diikuti satu desa yaitu Desa Bonandolok II. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button