Berita

4 Pimpinan DPRD Simalungun Dilantik, Rakyat Menunggu Kinerja Nyata

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Empat pimpinan DPRD Simalungun dilantik Ketua Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Selasa (12/11) di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Pamatang Raya.

Sekretaris DPRD Simalungun Sahat ML Simangunsong membacakan surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara nomor 188.44/ 682 /KPTS/2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan rakyat daerah Kabupaten Simalungun masa jabatan 2019- 2024.

Surat tersebut menimbang bahwa pasal 124 ayat 2 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pimpinan sebagaimana dimaksud ayat 1 berasal dari Partai Politik (Parpol) berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten/Kota.

Berdasarkan Pasal 165 ayat 4 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten/Kota diresmikan dengan keputusan sebagai wakil pemerintahan atasan.

“Memutuskan menetapkan pengangkatan pimpinan DPRD Simalungun masa jabatan 2019-2024 terhitung ucapan sumpah janji. pimpinan DPRD Kabupaten Simalungun terdiri atas Timbul Jaya Hamonangan dari Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai Ketua, S Samrin Girsang SPd dari Partai PDIP, Elias Barus dari Partai Demokrat dan Sastra Joyo Sirait dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua,” sebut Sekwan.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani yang baru saja dilantik sempat bercanda mengatakan ada tiga hal yang ditakutkan di negeri ini, yakni KPK BPK dan PKK (para Istri).

“Izinkan kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Simalungun atas kepercayaan yang diberikan kepada kami melalui partisipasi dalam Pemilu tahun 2019, sehingga berlangsung sesuai dengan harapan kita semua. Semoga kepercayaan yang diberikan dapat kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, serta mendapat berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Timbul mengatakan keberhasilan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan dapat diwujudkan apabila DPRD berperan aktif menggerakkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, serta menggalang kesatuan dan kesatuan baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat maupun antara masyarakat itu sendiri.

“DPRD berfungsi manakala mampu mengemban kepentingan masyarakat. Mampu mengawasi jalannya tugas-tugas pemerintahan yang dilakukan kepala daerah beserta organisasi perangkat daerah dapat diwujudkan apabila pimpinan DPRD dan seluruh anggota DPRD bersinergi dalam melaksanakan fungsi dan tugas dan wewenangnya sebagaimana diatur dalam tata tertib dewan,” ujarnya.

Timbul menyampaikan, tata tertib dewan dan alat kelengkapan dewan yang ditetapkan DPRD bisa segera melaksanakan program dan kegiatan secara efektif sebagaimana yang tertuang dalam rencana kegiatan DPRD Kabupaten Simalungun.

“Kami berharap agar seluruh program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mari kita bangun komitmen bersama untuk selalu aktif dalam setiap rapat dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Timbul juga berharap Bupati Simalungun dan seluruh organisasi perangkat daerah bisa bekerja sama sebagai mitra kerja untuk mewujudkan visi misi Bupati yaitu masyarakat Kabupaten Simalungun yang Mandiri, Tentram dan Berseri.

Menyikapi hal itu, Bupati Simalungun JR Saragih melalui Wakil Bupati Amran Sinaga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak yang bekerja keras dalam menyelenggarakan pesta demokrasi tahun 2019 lalu.

Amran mengatakan, sesuai pasal 149 nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, DPRD merupakan lembaga legislatif yang menjadi mitra pemerintah daerah sebagai eksekutif dan melangsungkan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, Kabupaten Simalungun yang lebih baik dari daerah lain bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dapat diwujudkan. Namun, hal itu bisa terwujud bila ada komitmen yang sungguh-sungguh dan etikat baik sebagai bentuk pertanggungjawaban amanah dari Tuhan Sang Pencipta.

“Terlebih kepada masyarakat sebagai pemegang kedaulatan rakyat yang sesungguhnya. Masyarakat sudah menunggu kinerja, gerakan dan terobosan yang akan kita lakukan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada merekat,” tandasnya. (mag-05)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button