Berita

4 Cakada Bertarung di Pilkada Simalungun

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun menerima empat pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Desember 2020 mendatang.

Empat pasangan ini mendaftarkan diri sejak Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9).

Ketua KPU Kabupaten Simalungun Raja Ahab Damanik menuturkan, para pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati ini datang bergiliran untuk mendaftarkan diri didampingi partai pendukung masing-masing.

Pertama pasangan H Anton Achmad Saragih dan Ir Rospita Sitorus. Kedua, pasangan Radiapoh Hasiholan Sinaga–Zonni Waldy (RHS-ZW). Ketiga pasangan Irjen Pol (Purn) M Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih (WD-BISA). Dan, keempat pasangan Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar (Hasim-TPS).

5 Partai Daftarkan RHS-ZW ke KPU

Gabungan Partai Golkar, Hanura, Perindo, PKS dan Berkarya, mendaftarkan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga – Zonni Waldy (RHS-ZW) ke Komisi Pemilihan Umum, Kabupaten Simalungun, Sabtu (5/9/2020).

Partai Golkar dengan 9 kursi, Hanura 4, Perindo 4, PKS 2 dan Berkarya 1, sehingga total jumlah kursi yang mengusung pasangan ini 20 kursi di DPRD Simalungun.

Setelah melalui pemeriksaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun akhirnya secara resmi dapat menerima pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiolan Sinaga dan Zonny Waldy.

Pendaftaran RHS – ZW dapat diterima KPU Simalungun pasca hasil pemeriksaan terhadap syarat pencalonan dinyatakan lengkap dan sah. Serta syarat calon dinyatakan lengkap. Dengan demikian, Bapaslon RHS – ZW berhak untuk menerima tanda terima pendaftaran berbentuk formulir model TT1.KWK.

Hadir langsung Ketua DPD Golkar Simalungun yang juga menjabat Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Ketua Partai Hanura Bonar Ambarita, Ketua Perindo Baren Saragih, Ketua PKS Jumali dan Ketua Partai Berkarya Benfri Sinaga. Mereka masing-masing didampingi sekretaris dan para kader yang jadi anggota DPRD Simalungun.

“Syarat pencalonan lengkap, dan keabsahannya sah. Syarat calonnya lengkap, yang kemudian akan dilakukan penelitian. Untuk itu, pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiolan Sinaga dan Zonny Waldi dapat diterima,” kata Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik pada rapat pleno terbuka KPU Simalungun.

Adapun syarat pencalonan yang dinyatakan lengkap oleh KPU Simalungun tersebut, diantaranya berupa formulir model B1.KWK tentang dukungan dari partai politik yang mengusung RHS – ZW di Pilkada Simalungun 2020.

Kemudian, syarat pencalonan lainnya, 5 SK kepengurusan partai politik pengusung untuk tingkat Kabupaten Simalungun,  fakta integritas dan visi dan misi Bapaslon RHS – ZW.

Sedangkan untuk syarat calon yang dinyatakan lengkap, diantaranya, daftar riwayat hidup, KTP, ijazah, surat penetapan dari pengadilan, sejumlah pernyataan Bapaslon dan lainnya.

Selepas pendaftarannya dinyatakan dapat diterima, RHS dan ZW tak lupa menyampaikan rasa syukur mereka kepada Tuhan. “Puji tuhan, semuanya sudah kami lewati,” ucap Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Pada kesempatan itu, Radiapoh tak lupa mengingatkan masyarakat dan pendukungnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, guna melawan Covid-19 secara bersama.

“Kemudian saya berharap agar masyarakat tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini melanda. Tetap jaga kesehatan dan imun yang kuat,” harapnya.

RHS-ZW mengaku bangga atas repon warga Simalungun yang antusias. Respon itu, kata Radiapoh sebagai bukti bahwa masyarakat bukan hanya mendukung RHS-ZW tapi juga mendukung kemenangan Simalungun ke depan. (fi/rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button