Berita

4 Bacalon Bupati Labuhanbatu Tentukan Jadwal Pendaftaran ke KPU

FaseBerita.ID – Empat pasangan bakal calon (bacalon) Bupati-Wakil Bupati Labuhanbatu telah menentukan jadwal pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Seperti diketahui, jadwal pendaftaran bagi para bacalon kepala daerah dilaksanakan 4-6 September.

KPU Labuhanbatu mengaku telah menerima empat tim penghubung dari bacalon Bupati-Wakil Bupati. Seperti dikatakan Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi kepada wartawan, Senin (31/8) sore.

Diterangkannya, berdasarkan PKPU No 6 Tahun 2020 Pasal 49 ayat 2, disebutkan partai politik atau gabungan partai politik dan perseorangan harus koordinasi dengan KPU agar disampaikan rencana waktu pendaftaran bagi para bacalon.

“Hari ini ada empat tim penghubung masing-masing bacalon, yaitu tiga dari jalur partai politik dan 1 jalur perseorangan yang telah menentukan jadwal pendaftaran,” katanya.

Sebenarnya, kata Wahyudi, ada lima tim penghubung yang hadir. Hanya saja, yang satunya belum menentukan jadwal pendaftaran.

“Memang masih ada lagi waktu untuk koordinasi,” terang Wahyudi.

Dalam pertemuan tersebut, selain pendaftaran jadwal, ada juga sosialisasi tahapan dan persyaratan pencalonan maupun syarat calon yang terus berkembang.

Seperti, keharusan menyediakan formulir BKWK partai politik serta formulir B.1 KWK partai politik bagi bacalon yang maju melalui jalur partai politik dan gabungan partai politik.

Wahyudi juga menjelaskan, terdapat dua berkas di antara syarat pencalonan, pertama surat pernyataan kesepakatan parpol atau gabungan parpol menyatakan mengusung paslon yang ditandatangani ketua dan sekretaris parpol tingkat kabupaten dengan dibubuhi stempel serta bermaterai.

Selanjutnya, formulir B.1 KWK yaitu keputusan DPP parpol tentang persetujuan terhadap pasangan bupati dan wakil bupati yang ditandatangani ketua umum dan sekretaris jenderal.

“Kedua jenis formulir itu mutlak harus disertakan. Jika tidak ada, berarti tidak memenuhi syarat,” tandas Wahyudi. (bud)

Jadwal Pendaftaran Bacalon Bupati-Wakil Bupati Labuhanbatu

Nama Bacalon Jadwal Pendaftaran Pukul
H Abdul Roni Harahap–Ahmad Jais 4 September 2020 08.00 WIB
Suhari Pane–Irwan Indra 4 September 2020 14.00 WIB
H Erik Ritonga–Hj Ellya Rosa Siregar 5 September 2020 10.00 WIB
H Tigor Panusunan Siregar–H Idlinsah 6 September 2020 08.00 WIB

Sumber: KPU Labuhanbatu



Pascasarjana

Unefa
Back to top button