Berita

348 PNS Paluta Diambil Sumpah

PALUTA, FaseBerita.ID – Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap pimpin prosesi pengambilan sumpah pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemkab Paluta, Jumat (20/12).

Pengambilan sumpah PNS di lingkungan Pemkab Paluta dengan total sebanyak 348 orang dari formasi dokter, bidan PTT Kementerian kesehatan dan THL-TB Penyuluh pertanian turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH, asisten dilingkungan Setdakab Paluta, staf ahli, pimpinan OPD se-Kabupaten Paluta beserta sejumlah undangan lainnya.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan SK oleh Bupati Paluta, pembacaan naskah pelantikan oleh kepala BKD Paluta Hasan Basri Siregar dan pengambilan sumpah terhadap 348 orang PNS dilingkungan Pemkab Paluta.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam sambutannya menyampaikan sumpah/janji yang telah diucapkan pada hakekatnya merupakan kesanggupan terhadap negara dan juga kesanggupan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintah.

Dengan menghayati sumpah/janji tersebut, yang bersangkutan harus mampu menunjukkan komitmen dan tanggung jawab moral terhadap konsekuensi pengangkatan menjadi ASN Pemkab Paluta sekaligus rambu terhadap tindakan sebagai aparat pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Wujudkanlah rasa syukur atas amanah yang diembankan ini dalam bentuk semangat dan kinerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar kualitas kinerja semakin meningkat,” tegasnya.

Ia juga berpesan, sebagai ASN juga terikat oleh aturan-aturan kepegawaian dan kode etik yang jelas dan harus benar-benar berorientasibpada peningkatan pelayanan dan pembangunan masyatakat sebab menjadi ASN saat ini haruslah memiliki kemampuan belajar dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat.

Untuk itu, ia mengimbau agar para ASN yang diambil sumpah untuk menanamkan kesadaran dalam diri menjadi bagian penting dari motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik.

“Jadilah sosok teladan bagi lingkungan kerja dan sekitar. Dengan demikian citra positif yang terbangun tidak hanya bagi organisasi tapi juga melekat pada diri pribadi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing setiap upaya kita dalam menciptakan ASN yang berkualitas di kabupaten Paluta,” ucapnya.

Terpisah, kepala BKD kabupaten Paluta Hasan Basri Siregar melalui kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian Eko Prasetyo SSos usai pelantikan menyampaikan bahwa total ASN yang diambil sumpahnya sebanyak 348 orang dari kalangan formasi dokter, bidan PTT Kemenkes dan THL-TB Penyuluh pertanian.

Katanya, keseluruhan ASN yang diambil sumpah/janji tersebut merupakan hasil seleksi CPNS dan pengangkatan yang dilakukan pada tahun 2018 lalu. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button