Berita

34 Positif Covid-19 Terkonfirmasi di Padang Lawas

FaseBerita.ID – Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Padang Lawas (Palas) hingga Rabu, (7/10) mencapai 34 orang positif, 29 orang dalam perawatan, 2 meninggal, dan 3 sembuh. Data ini berdasarkan data terkonfirmasi yang dikeluarkan Satgas Covid-19 Pemkab Palas.

Sempat data ini tidak diketahui Ketua Satgas Hamka Harahap. Sepengetahuannya baru 8 orang yang terkonfirmasi positif.

Setelah dikonfirmasi ke Dinas Kesehatan, lalu membenarkan data ke-34 positif tersebut.

Hanya saja, sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Satgas terkait perkembangan covid-19 di Palas. Satgas penanganan covid pemkab palas terkesan tertutup terhadap media. Bahkan, tak jarang data diringi sikap ketua satgas, jubir, dan dinas kesehatan tidak sejalan. Dan saling lempar tanggung jawab.

“Ya kita bicarakanlah dulu, baru nanti digelar konfrensi pers,” kata Hamka Harahap, ketua Satgas penanganan Covid-19 Pemkab Palas.

Di sisi lain, peta penyebaran virus yang terkonfirmasi positif ini juga tidak diketahui publik. Hal itu juga diakui Ketuas Satgas, untuk antisipasi warga sekitar.

“Memang semalam hasil rapat, bagaimana caranya peta yang positif ini dipublis supaya masyarakat bisa menjaga. Mana mana saja zona terkonfirmasi,” ujar Hamka, yang juga kepala BPBD ini.

Sementara, menurut P Daulay warga Padang Luar Lingkungan VI Sibuhuan Satgas Penanganan Covid-19 terkesan santai menangani Covid-19 di Palas ini. Itu dilihat ketidaksinkronan antara dinas dinas terkait dalam keterbukaan informasi publik.

“Kalaupun tidak dibeberkan datanya (positif), setidaknya zona mana saja yang terkonfirmasi diketahui publik. Ini tidak. Konferensi pers pun tidak pernah, berarti kan tidak serius, atau mungkin persoalan covid ini tidak penting,” tukas Daulay. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button