Berita

34 Pendaki Gunung Sorik Marapi Dilepas: ‘Semoga Jadi Destinasi Wisata Indonesia’

FaseBerita.ID – Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-21 Kabupaten Mandailing Natal (Madina), perusahaan panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) bersama Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dan Pemerintah Kecamatan Puncak Sorik Marapi melakukan pendakian ke gunung puncak Sorik Marapi di Desa Sibanggor Julu, Sabtu malam (7/3).

Ada 34 pendaki yang ikut bergabung pada kegiatan tersebut. Pelepasan 34 pendaki itu dihadiri Camat Puncak Sorik Marapi Akhiruddin Batubara, Kasi Wilayah III TNBG, Siti Wahyuna, perwakilan PT SMGP yaitu External Affairs Krishna Handoyo, Ade Robi, dan Pandu Wijaya.

Kemudian, Kepala Resort TNBG wilayah VI seksi III, Gunawan Sitorus, Kepala Desa Sibanggor, Sibanggor Tonga, Babinsa Koramil 14 Kotanopan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ada di kecamatan itu.

Camat Puncak Sorik Marapi, Akhiruddin Batubara kepada wartawan, Minggu (8/3) mengatakan, pendakian ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh TNBG, PT SMGP dan Pemerintahan Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

“Pendakian ini merupakan partisipasi Pemerintah Kecamatan, TNBG dan PT SMGP dalam memeriahkan HUT Kabupaten Madina setiap tahunnya,” kata Akhiruddin.

Ia menyebut, peserta yang ikut dalam pendakian puncak gunung Sorik Marapi ini yakni peserta dari wilayah Madina dan Kota Padangsidimpuan.

“Selain bahagian dari memeriahkan HUT Madina even ini juga diharapkan dapat menambah ilmu peserta terkait keanekaragaman hayati yang ada di pegunungan Sorik Marapi,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Wilayah III TNBG, Siti Wahyuna menyampaikan, pendakian ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah Kabupaten yakni Kecamatan Puncak Sorik Marapi sebagai salah satu destinasi wisata di Madina.

Kegiatan ini sendiri merupakan agenda tahunan TNBG. Setiap tahunnya pendakian gunung tertinggi ini dua kali dilakukan yakni pada HUT Kabupaten Mandailing Natal dan HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dengan adanya program pendakian ini dapat menginisiasi even tahunan baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi,” ujarnya.

Kepala Resort TNBG wilayah VI seksi III, Gunawan Sitorus menyampaikan, dalam pendakian itu para pendaki akan melakukan berbagai kegiatan di puncak gunung, salah satunya adalah dengan melakukan pengibaran bendera merah putih.

External Affairs PT SMGP, Krishna Handoyo mengatakan, perusahaan sangat mendukung kegiatan tersebut apalagi kegiatan itu bisa memperkenalkan destinasi wisata Kecamatan Puncak Sorik Marapi ke seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Untuk mewujudkan itu semua, PT SMGP akan selalu siap berkolaborasi dengan TNBG, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan sehingga ke depan bisa menjadi tempat wisata kebanggan bagi masyarakat Madina.

“Harapan kita, Kecamatan Puncak Sorik Marapi bisa jadi destinasi wisata Indonesia. Tentunya kita awali dengan berbagai kegiatan memperkenalkan potensi ini ke publik, sehingga masyarakat di daerah maupun di luar negeri tertarik mengunjungi Puncak Sorik Marapi,” kata Krishna. (wan)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close