Berita

32 Rumah di Tapanuli Selatan Tergenang Banjir

FaseBerita.ID – Hujan dengan intensitas tinggi dan dengan durasi lama menyebabkan debit air Sungai Batangtoru semakin besar dan meluap ke pemukiman warga pada Selasa (28/7) sore.

Akibatnya, ada 32 Rumah warga yang tergenang di Dusun Suka Maju, Desa Hapesong Baru, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Posisi Dusun ini berjarak kurang lebih 100 meter dari batang sungai. Dan kondisi sungai seringkali terjadi pendangkalan oleh material batu dan pasir pada bagian sungai dekat dengan Dusun itu. Maka tak jarang, ketika debit air sedang meningkatk, dusun yang berada pada dataran lebih rendah tersebut pun menerima luapan sungai yang berhulu di Hutan Tapanuli itu.

“Memang sering (banjir), tapi sudah surut. Kita dulu sudah minta itu ke Bidang SDA (PU) Sumut agar itu segera dibangunkan bronjong. Pendangkalan pun ada terjadi,” terang Camat Batangtoru M Yamin Batubara.

Tinggi air sampai ke pemukiman Dan rumah warga itu kurang lebih setinggi 30 sentiemeter.

Menurut Kapolsek Batangtoru AKP Abdi Abdullah, genangan terjadi akibat intensitas hujan dari Selasa pagi hingga sore hari. Tepatnya pukul 17.00 wib, air pun meluap hingga sampai ke pemukiman. Warga yang khawatir akan kemungkinan meningkatnya tinggi genangan, memilih mengungsi sementara.

Dan personil polisi Dan TNI serta warga yang turun ke lokasi, mengarahkan masyarakat agar tidak panik dan waspada serta mengamankan barang barang berharga. Kemhdian, membantu membersihkan pemukiman warga yang tergenang air akibat luapan itu.

“Kondisi terakhir, air secara berangsur angsur surut dan penduduk mulai beraktivitas secara normal,” katanya.

Melihat kondisi itu, prediksi yang akan terjadi bila hujan kembali turun dengan intensitas tinggi, maka akan terjadi banjir susulan. (san)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button