Berita

314 Calhaj Paluta Ditepungtawari

FaseBerita.ID – Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap tepung tawari 314 calon haji dari Kabupaten Paluta, Selasa (23/7/2019), di Aula Masjid Raya Gunung Tua.

Acara penepung tawaran yang dirangkai dengan manasik akbar diikuti oleh seluruh calhaj Paluta turut dihadiri oleh Wabup Paluta Hariro Harahap, Sekdakab Paluta Burhan Harahap, Kakan Kemenag Paluta Permohonan Siregar, Ketua MUI Paluta Mukti Ali Siregar, Kajari Paluta Andri Kurniawan, sejumlah anggota DPRD Paluta, Forkompida, Ketua TP PKK Paluta Ade Aan Rostiani, Koramil 05 PB, Kapolsek Padang Bolak, camat, tokoh masyarakat beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap dalam sambutannya mengatakan, ibadah haji merupakan pekerjaan yang berat dan penuh dengan pengorbanan serta harus mempunyai tekad dan niat yang ikhlas. Karena itu dalam pelaksanaan haji, bekal pengetahuan harus dimiliki seluruh Calhaj, sehingga ketika berada di tanah suci mampu melaksanakan segala kegiatan dan hukum yang diwajibkan dalam pelaksanaan ibadah haji dengan khusuk.

“Semoga setelah pelaksanaan tepung tawar ini, seluruh jamaah tetap diberikan kesehatan oleh Allah SWT hingga berangkat ke Tanah Suci Makkah dan sehat pula hingga sampai ke rumah masing-masing. Saya doakan semoga jamaah nantinya bisa menjadi haji yang mabrur serta tetap dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para jamaah calhaj yang akan berangkat ke tanah suci yang merupakan orang-orang pilihan Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji.

Selain itu, seluruh calhaj khususnya dari Paluta juga diimbau tetap menjunjung tinggi harkat martabat bangsa Indonesia khususnya daerah Paluta sebagai bangsa yang berbudi luhur, toleransi terhadap sesama umat serta menciptakan suasana damai terhadap sesama jemaah haji.

Di akhir sambutannya ia menyampaikan dengan pelaksanaan manasik akbar dan tepung tawar ini, atas nama Pemkab Paluta beserta seluruh masyarakat Paluta mendoakan semoga calon jemaah haji Indonesia umumnya dan khususnya Kabupaten Paluta agar selamat sampai di tanah suci dan dapat melaksanakan semua ibadah wajib maupun sunahnya dan selamat kembali kekampung halaman serta menjadi haji yang mabrur. “Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur. Doakan pembangunan tetap terlaksana dengan baik dan masyarakat Paluta semakin sejahtera,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paluta Permohonan Siregar dalam laporannya menyampaikan, jumlah calhaj asal Paluta tertotal sebanyak 314 orang ditambah pendamping dan petugas kesehatan yang tergabung dalam kloter 20 bersama jamaah calhaj asal Medan.

Lanjutnya, calhaj asal Paluta untuk tahun ini mengalami sedikit penurunan hingga sekitar 5 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 329 orang.

Terpisah, Kabag Kesra pada Setdakab Paluta Jhonson Muda Siregar yang bertindak sebagai panitia pelaksana tepung tawar dan manasik akbar mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tepung tawar ini merupakan sebuah tradisi yang melambangkan ungkapan syukur dan do’a agar calhaj Paluta dilindungi Allah SWT.

Katanya, 314 calhaj bersama 2 orang TPHD dan 2 orang tenaga medis akan diberangkatkan tanggal 31 Juli mendatang menuju asrama haji Medan. “Tanggal 31 Juli berangkat ke Medan, tanggal 1 Agustus masuk asrama haji dan tanggal 2 Agustus berangkat menuju Madinah,” jelasnya.

Ia berharap seluruh jemaah calhaj Paluta dapat menunaikan seluruh ibadah haji yang wajib dan sunah sehingga nantinya dapat menjadi hajiyang mabrur serta menyebarkan kebaikan dan kemaslahatan ditengah-tengah masyarakat Paluta. (ais)

iklan usi



Back to top button