Berita

30 Tahun Gudang Pelita Beroperasi Tanpa IPAL

FaseBerita.ID – Gudang Pelita yang berada di Jalan Kol Yos Sudarso, Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, masih terus beroperasi meski sempat diprotes warga atas dugaan pencemaran lingkungan dan diduga tidak memiliki ijin pengolahan limbah.

Hal tersebut berdasarkan hasil pengecekan petugas dari  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Tanjungbalai dengan beberapa awak media termasuk wartawan ke gudang, Kamis (23/7).

Pantauan wartawan, saat petugas dari Dinas Perijinan Kota Tanjungbalai mempertanyakan kepada pihak gudang tentang  dokumen UPL, UKL, serta ANDAL dan izin Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pihak perusahaan  yang bergerak di bidang pengolahan kelapa kopra serta pengolahan ikan busuk (pasifik) tersebut tidak bisa menunjukan kepada petugas Dinas Perizinan satu berkas apa pun.

Baca sebelumnya: Terkait Limbah, Lurah Sei Merbau Kunjungi ke Gudang Pelita

Namun saat di lokasi terlihat perusahaan masih tetap melakukan operasional pengolahan kelapa kopra dan diduga limbah hasil pengolahan ikan yang berbau busuk masih mengalir ke sungai.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Tanjungbalai Edward saat dikonfirmasi beberapa wartawan di ruang kerjanya menjelaskan bahwa perusahaan atau Gudang Pelita tersebut belum mengantongi izin apa pun tentang pengolahan air limbah.

“Setelah petugas saya tadi turun ke lokasi gudang pelita,mereka tidak dapat menunjukkan dokumen tentang Instalasi pengolahan air limbah nya dan juga rekomendasi dari Dinas Lingkungan hidup tentang kepengurusan izin IPAL mereka juga belum ada kami terima ,maka gudang pelita tersebut kami nyatakan belum mengantongi izin apa pun tentang pengolahan air limbahnya,” ungkap Kepala Dinas Perizinan.

Lanjutnya bahwa gudang pelita tersebut sudah berdiri sekitar kurang lebih 30 tahun, sampai saat ini belum memiliki izin apa pun. Maka kita akan segera menindak lanjuti gudang tersebut dengan berkoordinasi dengan Satpol PP dan kita akan turun ke lokasi untuk meninjau kembali. (ck04/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button