Berita

3 Lagi Pencuri 488 Kotak Suara KPU Simalungun Masih Diburu

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Tiga pencuri 488 Kotak Suara yang terbuat dari aluminium milik KPU Simalungun diringkus oleh Petugas Unit Jatanras, Polres Simalungun.

Adapun ketiga pelaku adalah warga Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, yakni Hendri Susanto (40), Jatar Simanjuntak (25) dan JS (40) pekerja bongkar muat, juga tahanan Polresta Siantar lantaran kasus pencurian.

Saat diinterogasi, ketiga pelaku mengakui perbuatannya dan menerangkan bahwa yang mencuri kotak suara milik KPU Simalungun itu ada 6 orang, 3 orang lagi juga warga Nagori Siantar Estate, yakni IS (17) buruh pabrik, FS (23) dan RR alias Gopal (26) belum tertangkap.

Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Agustiawan melalui Kanit Jatanras Iptu Hengky B Siahaan saat dikonfirmasi via selulernya, Minggu (21/9/2019) sekira pukul 13.30 WIB, membenarkan penangkapan ketiga pencuri itu.

“Penangkapan ketiga pelaku itu berawal pada hari Kamis (19/9/2019) sekira pukul 23.00 WIB, kita mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa pelaku pencurian barang logistik berupa kotak suara yang terbuat dari aluminium itu sedang berada di Gudang KPU Simalungun yang terletak di Jalan Asahan Komplek Griya Nagori Siantar Estate,” ujarnya.

Lanjut Iptu Hengky Siahaan, mendengar informasi berharga itu, Pihaknya langsung bergerak cepat ke TKP. Melihat ketiga pelaku, tak perlu menunggu waktu, pihaknya langsung menyergap ketiga pelaku dan membawa ketiga pelaku berikut barang bukti berupa linggis dan tiga broti ke komando untuk diproses penyelidikan lebih lanjut.

“Saat di Gudang KPU Simalungun,Kompleks Griya, kita melihat ada para pelaku dengan gerak-gerik mencurigakan, tanpa menunggu, ketiga pelaku langsung kita bekuk dan dibawa ke Aspol Simalungun guna dilakukan proses penyelidikan,” sebutnya.

Sebelumnya, Iptu Hengky Siahaan menceritakan bahwa kejadian tersebut Selasa (10/9/2019) sekira Pukul 15.30 WIB, Kasubbag Keuangan umum dan logistik yaitu Bando Damanik memberitahukan kepada Sekretaris KPU Adearman Purba melalui handphone mengatakan bahwa laporan dari saksi yaitu Hendri Panjaitan mengatakan bahwa Gudang Logistik KPU Simalungun yang berada di Jalan Asahan Komplek Griya telah dibongkar.

Pada hari itu juga, Sekretaris KPU Adearman Purba memerintahkan Bando Damanik untuk mengecek Gudang logistik KPU dan saksi Hendri Panjaitan mengatakan bahwa pintu yang berada di lantai 2 gudang logistik telah dirusak dibobol maling dan sebanyak 488 kotak suara berbahan aluminium telah hilang.

“Akibat kejadian tersebut KPU Simalungun mengalami kerugian sebesar Rp20 Juta. Kita masih memburu ketiga pelaku lainnya yang belum tertangkap. Atas perbuatannya maka pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian,”pungkas perwira balok dua emas dipundaknya itu. (mag-05)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close