Berita

3 Ha Lahan di Sitamiang Psp Terbakar

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Lahan kering dengan tumbuhan semak belukar di Bukit Panolbakan, Jalan Makmur, Kelurahan Sitamiang baru, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, terbaakar pada Sabtu (14/9/2019) sekira pukul 16.15 WIB.

Kondisi cuaca panas dan lahan yang kering serta tiupan angin membantu api melalap tanaman di lahan yang berdekatan dengan permukiman warga itu. Warga sekitar pun melakukan pemadaman dengan alat seadanya
Belum diketahui pasti, penyebab munculnya api.

Pemadaman api di lahan milik Hasan Basri Sagala itu juga menurunkan tiga unit mobil Pemadam Kebakaran Kota Padangsidimpuan. Ada seluas 3 hektare lahan yang dilalap api hingga berhasil dipadamkan.

“Daerah ini, karena kondisi tanah kering dan tumbuhannya sejenis sabana. Seringkali terbakar, hingga berhektar-hektar. Yang jadi khawatirkan kita jadinya penduduk sini,” kata Faisal, salah seorang warga.

Kondisi udara di Kota Padangsidimpuan sendiri sudah berangsur membaik. Kabut asap mulai tak terlihat, meskipun langit masih cenderung memutih.

Namun begitu, menurut praktisi kesehatan, Ganti Tua Siregar SKp Ns MPh yang juga merupakan dosen di Politeknik Kesehatan Medan – Padangsidimpuan. Bila kondisi udara kian memburuk, semestinya memakai masker jenis N95. Agar dapat menghalau polutan yang masuk.

“Bersihkan lantai dari debu dan kotoran tempat tinggal secara berkala. Bahan kimia dan alergen dari polusi udara bisa terkumpul dan menumpuk menjadi debu di lingkungan maupun di dalam rumah,” kata pria yang juga aktif di forum dakwah itu.

Selanjutnya, masyarakat perlu menjaga kelembaban udara di dalam rumah. Selain menggunakan filter HEPA saat membersihkan debu dalam ruangan, ia juga menyarankan untuk menjaga tingkat kelembapan di dalam ruangan rumah atau kantor karena dapat membantu mengendalikan alergen dan pemicu penyakit pernapasan lainnya.

“Jaga Intake asupan cairan dalam tubuh. Minum air yang cukup sangat membantu membuang racun dari tubuh. Cairan tubuh yang cukup juga memicu kelembapan yang membantu menyerap polusi yang masuk ke dalam tubuh agar tidak meluas,” katanya menyarankan terakhir untuk mengkonsumsi makanan sehat berserat sejenis buah-buahan dan sayuran serta istirahat yang cukup. (san)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close