Berita

3 Bulan Tak Gajian, BHL Dinas PUPR Mogok Kerja

FaseBerita.ID – Akibat tiga bulan tidak menerima gaji, puluhan Buruh Harian Lepas (BHL) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Kabupaten Labuhanbatu mogok kerja, Senin (24/8) siang. Gaji yang belum dibayarkan yaitu Juni, Juli, dan Agustus 2020.

“Kami pekerja BHL Pemkab Labuhanbatu di bawah naungan OPD Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) melakukan aksi mogok kerja hari ini,” kata Charly, Ketua Kelompok BHL kepada wartawan, di depan kantor Dinas PUPR Labuhanbatu Jalan WR Supratman Kecamatan Rantau Utara.

Diungkapkan para BHL, mereka pekerja BHL terbagi empat kelompok. Ada kelompok pekerja sebagai pembersih taman di dalam kota Rantauprapat. Dan, sebagaian kelompok pekerja memangkas bunga taman. Juga ada bagian pembersihan serta penyiraman bunga taman.

“Jumlah pekerja BHL ada sekitar 50-an orang. Satu kelompok ada yang 10 dan ada 15 orang. Jadi, di sini kami mempertanyakan gaji kami kepada atasan kami, yaitu Kepala Dinas PUPR Labuhanbatu atau Kepala Bagian Bidang Taman. Namun, satu orang pun atasan kami tidak ada yang mau menemui kami di luar kantor ini. Sudah tiga bulan tidak gajian, mau makan apa? Utang sudah banyak,” ungkap Charly dan Saipul.

Dipaparkan Charly, gaji pekerja BHL bagian taman bunga Pemkab Labuhanbatu setiap bulannya Rp1.080.000.

“Kecilnya gaji kami,” sebut Charly yang telah berusia 50 tahun itu.

BHL, Halim Alaid Alim mengatakan, sudah tiga kali berganti Bupati Labuhanbatu, baru ini setiap bulannya macet pembayaran mereka.

“Pagi-pagi kita sudah bekerja. Kan aneh, sudah tiga kali berganti Bupati Labuhanbatu, baru ini sering macet gaji kami, sampai tiga bulan baru dibayar. Tidak seperti biasanya, setiap bulan kami pekerja BHL terima gaji. Satu pun tidak ada yang mau menjawab keluhan kami di Dinas PUPR ini. Bagaimana selanjutnya gaji BHL ini?” tukas Alim dengan nada sedih dan terlihat lesu.

Kadis PUPR Labuhanbatu Ir H Muhammad Safrin MSI, kemarin tidak berada di kantor.

“Kadis tidak ada. Pergi kunjungan ke Pasuruan bersama bupati dan jajaran OPD Pemkab Labuhanbatu,” ujar seorang ASN di Dinas PUPR Labuhanbatu. (bud)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button