Berita

3.879 Siswa SMK di Humbahas Ikuti UNBK

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Sebanyak 3.879 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Taput dan Humbahas mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan selama empat hari, dimulai pada tanggal 25 sampai dengan 28 Maret 2019.

Dari jumlah tersebut, 1.594 diantaranya adalah siswa dari Humbahas yang tersebar pada 22 SMK. Di mana, 9 diantaranya adalah SMK swasta. Hal itu dikatakan Samsul Purba Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdis) SMA/ SMK wilayah Taput-Humbahas, Selasa (26/3) melalui ponselnya.

”UNBK tadi dilaksanakan secara menyeluruh bagi SMK Negeri dan Swasta di wilayah Taput dan Humbahas selama empat hari berturut yang dimulai Senin (25/3) sampai dengan Rabu (28/3),” ujarnya.

Secara teknis Samsul menjelaskan, pelaksanaan UNBK dilaksakan secara bergelombang di setiap sekolah dan disesuaikan dengan jumlah siswa pesrta UNBK.

Baca: Persiapan UN 2019 di Sumut: Disdik Tingkatkan Kompetensi Guru

“Sudah dua tahun kita sukses melaksanakan UNBK menggunakan aplikasi online. Harapan kita, UNBK ini menjadi tolak ukur kemajuan pendidikan,” ujar Samsul yang mengaku pelaksanaan UNBK hari pertama berjalan lancar.

Lebih jauh, Samsul mengungkapkan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan simulasi dan deseminasi melalui sosialisasi pada semua sekolah untuk keberhasilan UNBK.

“Kita sudah kirimkan proktor dan teknisi ke dinas pendidikan Provsu untuk dilatih baru-baru ini demi suksesnya pelaksanaan UNBK. Kepada siswa juga kita lakukan simulasi sehingga para siswa tidak gamang saat melaksanakan ujian,” tandasnya.

Terpisah, hal senada disampaikan Kepala SMK Negeri 2 Pakkat, Drs Tumpak Samosir. Dia menjelaskan bahwa sebanyak 67 orang siswanya tengah mengikuti UNBK di sekolahnya. Dari 67 siswa tadi dibagi menjadi 3 gelombang (sesi, red).

“Sejauh ini berjalan lancar. Mudah- mudahan semua berjalan baik sampai selesai. Kita juga mengharapkan, tidak ada gangguan PLN (pasokan listrik, red),” ujar mantan Kepala SMK 1 Parlilitan itu. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button