Berita

5 Titik Lokasi Galian C Ilegal Ditertibkan

FaseBerita.ID, TAPTENG – Sebanyak lima titik lokasi penambangan galian C Ilegal di Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ditertipkan Camat Sitahuis bersama dengan Satpol PP Tapteng dan Babinkamtibmas serta Babinsa, Rabu (16/10).

Camat Sitahuis Darma P Lumbantobing mengatakan, lima titik lokasi aktifitas penambangan galian C yang ditertibkan itu di wilayah tersebut, berada di beberapa desa.

“Kita dari Kecamatan Sitahuis, Satpol PP, Babinkamtibmas, dan Babinsa telah melakukan monitoring dan menertibkan penambangan galian C yang tidak memiliki izin di wilayah Kecamatan Sitahuis. Ada lima titik lokasi yang ditertibkan aktifitas penambangan Galian C itu, yaitu 1 titik di Desa Rampa, 1 titik di Desa Nagatimbul, dan 3 titik di Desa Mardame,” ujar Darma.

Darma menuturkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang melakukan aktifitas penambangan galian C di wilayah itu, serta memberikan surat tentang aturan akibat aktifitas penambangan galian C.

“Kita sudah lakukan sosialisasi pada hari Sabtu 12 Oktober kepada masyarakat pelaku penambangan Galian C. Kita juga sudah memberikan Surat Camat tentang peraturan terkait hal itu dan apa sanksinya kalau tidak memiliki izin. Aktifitas penambangan Galian C tanpa izin ini berpotensi untuk terjadinya longsor yang dapat membahayakan pengguna jalan protokol dan mengganggu aktifitas proyek nasional pelebaran Jalan Sibolga-Tarutung,” katanya.
Dia juga menjelaskan, tiga titik aktifitas penambangan galian C yang telah dihentikan itu, telah ditempatkan beberapa personil Satpol PP Tapteng. (dh/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button