Berita

25.281 KTP Syarat Minimal Calon Perseorangan, Bila TMS Maka Harus Diganti Ganda

MADINA, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) menetapkan syarat dukungan minimal dokumen yang harus dilengkapi oleh pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Madina tahun 2020 yang maju dari jalur perseorangan atau independent.

Jumlah minimal dokumen dukungan yang harus dipenuhi sebanyak 25.281 terdiri dari foto copy kartu identitas (KTP) dan mengisi surat pernyataan dukungan dari pemilik kartu identitas.

Ketua KPU Madina, Fadhillah Syarif, Selasa (5/10/2019) mengatakan, KPU telah menetapkan jumlah minimal syarat dukungan bagi balal calon yang akan maju dari jalur perseorangan, yaitu 25.281.

Dan, dokumen dukungan tersebut harus tersebar di minimal 12 Kecamatan dari total 23 Kecamatan se-Kabupaten Madina.

“KPU telah menetapkan syarat dan jumlah minimal dokumen dukungan bagi bakal calon perseorangan. Dan, bulan Desember sudah bisa diserahkan kepada KPU,” kata Syarif.

Ia menjelaskan, berkas dan dokumen persyaratan tersebut akan mereka verifikasi secara keseluruhan dengan mendatangi pemilik kartu identitas.

“Kalau dokumennya sudah diserahkan, maka petugas kita akan turun ke lapangan menemui pemilik kartu identitas untuk dilakukan verifikasi, termasuk menanyakan apakah benar dia membuat surat pernyataan dukungan kepada bakal calon tersebut. Apabila ia tidak benar memberikan dukungan, maka petugas kita menyiapkan format surat isian yang menyatakan tidak mendukung, dan kita menyatakan tidak memenuhi syarat dukungan,” jelasnya.

“Dan perlu kami beritahukan, apabila dari dokumen syarat yang diserahkan oleh bakal calon itu kurang dari 25.281 atau tidak memenuhi syarat, maka jumlah yang kurang itu harus dilengkapi dengan jumlah ganda. misalnya ada kekurangan atau tidak memenuhi syarat sekitar 5 ribu, maka harus diganti menjadi 10 ribu. Dilipat ganda gantinya,” lanjutnya.

Syarif menyebut, dokumen yang kurang dan harus dilengkapi itu, KPU tetap akan melakukan verifikasi hingga syarat minimal itu benar-benar terpenuhi. (wan)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close