Berita

23 Warga Asahan Terjangkit DBD, 1 Meninggal Dunia

FaseBerita.ID – Satu penderita demam berdarah (DBD) di Asahan meninggal dunia dari 23 orang warga yang positif terjangkit selama bulan Januari 2020 ini. Hal tersebut berdasarkan laporan dan catatan kasus di Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

“Sekitar 23 warga Kabupaten Asahan terjangkit DBD, dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia,” katar Nurdin selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, saat dikonfirmasi wartawan di ruangannya, Kamis (6/2).

Nurdin mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai melonjaknya kasus DBD. Apalagi, saat ini musim hujan masih akan berpengaruh hingga bulan Februari, dan membuat tingkat kelembapan bertambah. Kondisi ini menjadikan nyamuk lebih banyak berkembang biak.

Untuk mengantisipasi terus meningkatnya kasus DBD, Nurdin mengimbau kepada warga Kabupaten Asahan untuk rutin melakukan gerakan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, menutup saluran yang tergenang air, dan menghindari wilayah daerah yang rentan terjadi infeksi.

“Kita harap masyarakat ikut berpartisipasi dalam melawan penyakit DBD dengan cara menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal,” ujarnya.

Ia mengajak warga memelihara ikan pemakan jentik nyamuk DBD seperti ikan cupang, koi, ikan mas, hingga kura-kura. Selain itu, dia menyarankan masyarakat menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender, serai, dan lemon.

Setelah kasus tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan langsung turun tangan dengan melakukan fogging atau penyemprotan asap untuk mengantisipasi meluasnya sebaran nyamuk penyebab DBD, mengingat musim pergantian hujan kepada kemarau ini rentan terjadinya DBD.

Setelah kasus tersebut, Dinas Kesehatan Kota Bima langsung turun tangan dengan melakukan fogging atau penyemprotan asap untuk mengantisipasi meluasnya sebaran nyamuk penyebab DBD. (per/ahu)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close