Berita

2020, Guru Honda di Simalungun Bakal Dirumahkan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Tahun 2020, sebagian Guru Honorer Daerah (Honda) Simalungun akan dirumahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun.

Berkisar 4.200 guru honorer di Kabupaten Simalungun di antaranya, 1.800 guru honda yang ditampung di APBD tahun 2019 dan 2.400 guru komite khusus di Sekolah Negeri.

Hal tersebut diutarakan Kadis Pendidikan Simalungun Elfiani Sitepu melalui Sekretaris Parsaulian Sinaga saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (10/12) sekira pukul 15.00 WIB.

“Jumlah guru honorer di Simalungun ini berkisar 4.200 orang. Di antaranya guru Honda 1.800 dan jumlah guru komite khusus di Sekolah Negeri sekitar 2.400 orang,” ujarnya.

Parsaulian menerangkan untuk tahun 2020, guru Honda di Kabupaten Simalungun akan dikurangi. Gaji Honda yang ditampung di APBD 2020 hanya Rp15 miliar.

“Sesuai rapat dengan DPRD Simalungun, gaji guru honor ditampung di APBD 2020 sebesar Rp15 miliar dengan gaji Rp1 juta per orang. Jadi guru Honda akan berkurang tahun depan,” sebutnya.

Soal penggajiannya, kata Parsaulian, masih melihat petunjuk akhir, apakah disesuaikan dengan Upah Minimum Kota (UMK) atau sesuai APBD yang Rp15 miliar untuk guru honorer.

“Soal penggajian guru Honorer ini, apakah sesuai UMK atau sesuai APBD, karena Kementerian Pendidikan akan menampung honornya. Makanya besok, Rabu (11/12) seluruh Kadis Pendidikan se-Indonesia akan rapat ke Jakarta membahas itu,” terangnya.

Saat ditanyai lebih lanjut, Parsaulian Sinaga menjelaskan bahwa Pemkab Simalungun sangat kekurangan guru berkisar 2.500 orang untuk mengajar di sekolah SD dan SMP se-Simalungun.

Bahkan tiap tahunnya, Guru PNS yang pensiun di Simalungun rata-rata 100 orang. Apalagi tahun lalu sampai 5 tahun berturut-turut tidak menerima CPNS, maka 500 oranglah yang telah pensiun.

“Karena sangat membutuhkan guru, bahkan sudah ada beberapa guru yang sudah pensiun datang kesini, untuk bersedia menjadi guru honorer untuk mengajar. Tapi kita lihatlah Januari 2020 mendatang,” pungkasnya. (Mag-05)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button