Berita

2020, Asahan akan Miliki Mal Pelayanan Publik

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan merencanakan pada tahun 2020 akan dibangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Komitmen tersebut digagas langsung oleh Plt Bupati Asahan H Surya sebagai bentuk komitmen pelayanan prima pemerintah terhadap masyarakat.

“Tahun 2020 akan kita akan bangun Mal untuk semua jenis pelayanan. Nanti ada pembayaran pajak walaupun ada dinasnya tapi pelayanannya disitu. Nanti juga ada pelayanan administrasi kependudukan seperti bikin KTP, KK atau akte walaupun sudah ada kantor Dinas Capil tapi pelayanan kita bikin jadi satu tempat disitu,” ujar Surya saat diwawancarai wartawan Selasa (30/7/2019) di sela pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kisaran.

Untuk mewujudkan mal pelayanan publik tersebut Pemkab Asahan sudah menyiapkan lahan stategis wilayah perkantoran yang berada di pinggir jalan lintas sumatera dekat kompleks terminal madya Kisaran.

Surya melanjutkan mal pelayanan dimaksud untuk memberikan pemusatan layanan masyarakat pada satu tempat seperti pengurusan administrasi kependudukan, PBB, pajak kenderaan , pembuatan SIM, tenaga kerja dan lainnya.

“Tapi sementara kita bangun fisiknya dulu tahun 2020 itu sudah dibangun. Nanti diakan diisi dulu pelayanan dari pemerintah daerah baru setelah itu kita tawarkan berkolaborasi dengan pelayanan publik lainnya seperti dari kepolisian itu kan ada pelayanan pembuatan SIM, SKCK dan sebagainya,” kata Surya.

Untuk diketahui, mal pelayanan public dipayungi hukum yakni Permenpanrb Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) akan dibuat sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan publik berupa barang jasa atau pelayanan administrasi.

Ini merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu dari pusat, daerah, serta BUMD, dan BUMN dalam rangka penyediaan layanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, serta nyaman. Digagas sejak 2017, penyelenggaraan MPP sudah diterapkan di 15 kota di Indonesia. Tujuannya tak lain untuk mempermudah warga dalam mengakses pelayanan publik dan telah teruji. (per/rah)

iklan usi



Back to top button