Berita

Walikota Psp Dukung Percepatan IAIN menjadi UIN

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Walikota Padangsidimpuan (Psp) Irsan Efendi Nasution menerima kunjungan audiensi jajaran IAIN Padangsidimpuan di ruang kerjanya, Senin (9/9/2019) lalu.

Dalam kunjungan tersebut, orang nomor 1 di Pemko Padangsidimpuan ini membahas peningkatan kualitas pendidikan dengan jajaran IAIN Padangsidimpuan. Serta memberikan dukungan penuh upaya percepatan peralihan status IAIN menjadi Universitas Islam Negeri di wilayah Padangsidimpuan.

Wakil Rektor I IAIN Padangsidimpuan H Muhammad Darwis Dasopang menyampaikan, pada saat ini perubahan status IAIN Padangsidimpuan yang akan menjadi Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan masih tahap proses.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan terealisasi dan tercapai,” katanya.

Darwis juga menjelaskan dari seluruh mahasiswa-mahasiswi yang mengenyam pendidikan di IAIN saat ini masih di dominasi oleh warga Padangsidimpuan sebesar 24 persen,Tapanuli Selatan 23 persen, Madina 17 persen, Paluta 7 persen, Palas 6 persen serta daerah lainya sebesar 23 persen.

“Persentase mahasiswa kita paling banyak orang Padangsidimpuan,” paparnya.

Mendengar hal itu, Walikota Psp Irsan Efendi Nasution merasa gembira karena IAIN Padangsidimpuan dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya terutama perguruan tinggi dari luar daerah Padangsidimpuan.

“Mudah-mudahan IAIN Padangsidimpuan dapat segera menjadi UIN Padangsidimpuan,” jelasnya.

Dikatakan Irsan, keberadaan IAIN Padangsidimpuan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar. Dengan banyaknya mahasiswa yang mengemban ilmu di IAIN Padangsidimpuan maka ekonomi masyarakat banyak terbantu.

“Dapat dilihat dengan banyaknya home industry (industri rumahan) di daerah sekitar kampus IAIN yang dilakukan oleh masyarakat sekitar,” tuturnya.

Audiensi itu jajaran IAIN Padangsidimpuan itu didampingi Soritua Harahap dan Fatahuddin Aziz Siregar, dan H Ratonggi. (bsl)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close