Berita

Hutan Register di Tapanuli Tengah Terbakar

TAPTENG, FaseBerita.ID – Kebakaran hutan register terjadi di pegunungan daerah perbatasan antara Desa Huta Tombak dan Kelurahan Sosor Gadong, Kecamatan Sosor Gadong, Tapteng, Kamis (12/9/2019), sekira pukul 12.00 WIB. Sulitnya menjangkau lokasi kebakaran dan sumber air yang tidak ada di sekitar lokasi, menjadi penyebab lambatnya proses pemadaman api.

Terbakarnya hutan register seluas 1 hektare ini diduga disengaja oleh warga sekitar yang ingin menjadikan hutan tersebut menjadi lahan pertanian. Disebut-sebut, salah seorang warga Desa Siantar CA, Kecamatan Sosorgadong, berinisial S (53), membuka hutan untuk dijadikan lahan pertanian.

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Sukamat, melalui melalui Ps Kasubbag Humas Iptu Rensa Sipahutar, membenarkan terjadinya kebakaran hutan register di Kecamatan Sosorgading. Rensa mengatakan, walau dengan peralatan seadanya, api berhasil dijinakkan setelah upaya padaman berlangsung sekitar 1,5 jam.

“Sekira pukul 16.00 WIB tim dari kelurahan beserta anggota Koramil 01 Barus dan personil Polsek Barus tiba di TKP dan langsung melaksanakan pemadaman,” ujar Rensa melalui pesan tertulis, Jumat (13/9/2019).

“Sekira pukul 17.30 WIB api berhasil dipadamkan dengan menggunakan peralatan seadanya. Tidak menggunakan air karena sumber air sangat jauh,” sambung Rensa.

Setelah dipastikan api benar-benar tidak ada lagi, tim kembali turun ke bawah dan membubarkan diri. Adapun tindakan tang dilakukan pihak kepolisian timpal Rensa, adalah melakukan pemahaman terhadap peristiwa yang terjadi.

“Akses jalan menuju lokasi kebakaran membutuhkan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 jam dengan berjalan kaki. Beruntung korban jiwa tidak ada,” pungkasnya. (dh)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close