Berita

Universitas Efarina Gelar PKKMB 311 Mahasiswa Baru

Mahasiswa dan Civitas Diberi Boras Tenger dan Hiou

FaseBerita.ID – Mahasiswa baru Universitas Efarina (Unefa) diberi boras tenger dan hiou pamotting kepada civitas, sebagai tanda dibukanya masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2019-2020, Kamis (12/9/2019).

Dalam acara pembukaan PKKBM yang digelar di aula T Johan Garingging, Pematangraya, hadir Rektor Unefa Dr Sondang Sidabutar SKM MKes, Wakil Rektor I Jumadin Wardati SKM MM, Wakil Rektor II Andrian K Tarigan MM dan Wakil Rektor III Hendri Mayanta Tarigan SE MM sekaligus Ketua Panitia PKKBM.

Hadir juga Dekan FKIP Agus Junsion Naibaho SPd MPd, Fakultas Teknik Viktor Pahpahan SE MKom, Fakultas Kesehatan Pinondang Hotria Siregar SKM MKes dan Fakultas Ekonomi Anju Bhernadetha Nainggolan SE MM.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MMd dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kadis Kesehatan Simalungun Edwin Simanjuntak SKM, mengingatkan mahasiswa untuk merubah cara berpikir, berperilaku menjadi lebih dewasa dan mandiri. Sebaliknya, mahasiswa juga akan mendapatkan pengakuan dan perlakuan sebagai orang dewasa dari orang lain termasuk dari orangtua.

Cara belajar juga berbeda dibandingkan saat SMA.

“Mahasiswa harus berwawasan lebih luas. Topik yang dibahas juga harus lebih luas. Mahasiswa harus memahami Pancasila sebagai ideologi negara, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Edwin Simanjuntak.

Sementara Rektor Universita Efarina (Unefa) Dr Sondang Sidabutar SKM MKes dalam sambutannya mengatakan, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahsiswa Baru (PKKMB) untuk 311 mahasiswa baru merupakan persiapan awal untuk mengenal kehidupan kampus.

Tahun ajaran 2019/2020, Universitas Efarina menerima mahasiswa baru di FKIP, Fakultas Teknik, Kesehatan dan Fakultas Ekonomi yang dibagi dalam 14 program studi.

Universitas Efarina memiliki dua kampus, yakni Kampus I di Raya dan Kampus II di Jalan Sudirman Pematangsiantar.

“Selamat datang ke Kampus Efarina. Mahasiswa mampu menyesuaikan diri. Jadilah mahasiswa yang tidak condong sebelah. Non akademik dan akademik harus seimbang. Indeks prestasi bukan segala-galanya. Soft skill, menghargai orang di sekitar kita. Mahasiswa harus memilikinya,”katanya.

Sementara Ketua PKKBM sekaligus Wakil Rektor III Hendri Mayanta Tarigan SE MM, mengatakan PKKMB Unefa tahun 2019, mengambil thema melalui PKKBM Kita Tingkatkan Pemahaman Generasi Muda Tentang Pancasila sebagai ideologi Negara, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita berharap melalui PKKBM, mahasiswa mengenal kehidupaan kampus. Memahami sejarah bangsa dan negara, menumbuhkan rasa cinta kepada negara dan tanah air dan lingkungan,” kata Hendri Tarigan.

Dijelaskan Hendri, PKKBM yang berlangsung selama tiga hari ini, menjadi masa untuk 311 mahasiswa belajar membuka jejaring serta memperluas antar mahasiswa dan dosen serta civitas.

Kampus Sehat

Sementara Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Sumut yang diwakili Fauzah, mengatakan, Universitas Efarina termasuk Universitas Sehat yang berada di Sumatera Utara. Seluruh program sudah terakreditasi.

Pemberian boras tenger kepada mahasiswa dari Sekjen PMS Japaten Purba.

Kepada mahasiswa baru, Fauzah berpesan agar mahasiswa tidak ikut-ikut sensitif terhadap isu Suku, Agama dan Ras (SARA) seperti yang terjadi di daerah lain. PKKBM menjadi momen penting untuk mengenal dan memahami tentang Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Mahasiswa harus pandai membagi waktu untuk kegiatan akademik dan non akademik. Segera menyesuaikan diri dengan kampus dan segera berkarya. Persiapkan diri menjadi anak bangsa yang nanti menjadi generasi penerus yang berkualitas, mandiri dan berkarakter,” katanya.

PKKBM ini ditandai dengan pemakaian jaket almamater oleh Rektor, mewakili Bupati Simalungun, mewakili Dandim, mewakili Partuha Maujana Simalungun (PMS) yang dihadiri Sekjen PMS Japaten Purba. Doa dibawakan Praeses Distrik II GKPS. Boras Tenger juga diberikan kepada mahasiswa dan hiou pamotting kepada perwakilan civitas. (esa)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close