Berita

SDN 010086 Selawan Gelar Pemetaan Sekolah Model

FaseBerita.ID – SDN 010086 beralamat di Jalan KH Syech Ismail Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan Provinsi Sumatra Utara melaksanakan sosialisasi dan pemetaan untuk sekolah imbas yaitu SDN 010093 Selawan, SD IT An Nahlu dan SDN 018065 Teladan.

Kepala SDN 010086 Selawan Drs Umar Halim Siregar menerangkan bahwa SDN 010086 adalah sekolah yang dijadikan sekolah model selama 3 tahun berturut-turut di wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Kisaran Timur.

Dalam menjalankan peran sekolah model, SDN 010086 selawan membimbing sekolah lain di sekitarnya untuk bisa menjadi sekolah model ditahun depannya dan sekolah-sekolah itu dinamai sekolah imbas.

Selanjutnya dijelaskan bahwa di wilayah dinas pendidikan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan untuk tahun ini ada 2 sekolah yang dijadikan sekolah model diantaranya SDN 010086 Selawan dan SDN 010097.

Dulunya SDN 010097 Selawan merupakan sekolah imbas dari Sekolah kami tapi setelah mereka dibina dan mampu menang dalam tes menjadi sekolah model yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan maka sekolahnya menjadi sekolah model juga.

Di dalam sekolah model, sekolah tersebut wajib mengikuti 8 standar isi yang sudah ditetapkan oleh kementrian pendidikan Indonesia. Maka untuk itu setiap sekolah model diberikan fasilitator daerah (FASDA), FASDA dibentuk oleh Dinas Pendidikan yang diberikan tugas untuk membimbing dan mengawasi sekolah model agar bisa menjadi sekolah Standart Nasional Pendidikan di Indonesia.

Sementara Pengawas Sekolah Gugus Kecamatan Kisaran Timur, Selamat Suhadi SPd. menerangkan melalui via handphone bahwa untuk menjadi sekolah model harus memiliki minimal 12 ruang belajar (Rombel) dan Sekolah Model ini ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia atas rekomendasi Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Dan di Kabupaten Asahan hanya ada kurang lebih 14 SD yang mendapat Sekolah model.

Lanjut lagi Drs Umar Halim Siregar menyampaikan bahwa didalam sekolah model harus dibentuk Tim Penjamin Mutu Sekolah (TMPS) jadi TMPS ini berfungsi untuk menjalankan program sekolah model sehingga sekolah tersebut dapat mencapai target 8 standart isi tersebut, TMPS ini diketua oleh kepala sekolah dan di bantu oleh Guru-guru yang ada disekolah tersebut.

Diterangkanya bahwa Guru-guru yang dijadikan TMPS telah dilatih di LPMP Medan sehingga dalam menjalankan tugasnya mereka sudah professional dan terlatih selanjutnya mereka juga mengajari TMPS sekolah imbas. (ck04/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close