Berita

Keindahan Pantai Kade Tigo Barus Kian Memikat Pengunjung

BARUS, FaseBerita.ID – Pantai indah berpasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai Barat Barus, Tapteng yang sejak tahun 2015 terus menggeliat setelah dibenahi oleh salah seorang pengelola Untung Sihombing (45) dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Pariwisata.

Melalui Dinas Pariwisata destinasi wisata di pantai indah Kade Tigo telah menjadi salah satu ikon pariwisata di Barus. Sejumlah fasilitas objek wisata seperti, kamar mandi WC, dan arena bermain anak, selain itu pengelola juga melihat peluang yang kemudian ia mendirikan pondok lesehan, menyediakan speedboat untuk transportasi menuju pulau-pulau di sekitar Pantai Barus.

Guna memanjakan pengunjung ia juga mendirikan pusat kebugaran, penyewaan pakaian Korea, taman motor mini yang dapat dinikmati pengunjung dengan harga sangat terjangkau.

Tak hanya itu berbagai menu makanan ikan bakar, panggang geleng-geleng, panggang paccak, kelapa muda, dan banyak lagi yang disediakan oleh pondok lesehan Kade Tigo.

Untung Sihombing, mengakui peningkatan pengunjung objek wista pantai indah Kade Tigo berawal dukungan pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah di bawah pimpinan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Di mana beliau terus memberikan dukungan terhadap peningkatan objek wisata di Tapanuli Tengah khususnya objek wisata pantai Kade tigo. Atas dukung tersebut objek wisata pantai Kade Tigo dapat dibenahi lebih baik lagi.

Menurutnya, dalam kurun waktu satu tahun terakhir jumlah pengunjung sudah mencapai 2.000 orang. Untuk puncak kunjungan itu antara Sabtu, Minggu dan hari libur, diperkirakan pengunjung bisa mencapai tiga ribu pengunjung.

Kebanyakan berasal dari luar Tapteng, seperti Humbang Hasundutan, Sibolga, Sidimpuan, Tapsel dan Medan.

Pengunjung dari Tapanuli Selatan biasanya berkunjung usai melaksanakan ziarah di objek wisata religi di titik nol Papan Tinggi dan Makam Mahligai.

Masih katanya, saat ini pihaknya masih kewalahan dalam melayani pengunjung khususnya untuk speedboat keliling pantai. Saat ini permintaan pengunjung terus meningkat. Demikian juga permintaan untuk banana boat sudah ada tetapi masih belum ada fasilitasnya.

Menurutnya yang membuat pengunjung semakin betah juga di karenakan fasilitas dan pengelolaan pantai yang profesional.

Untung Sihombing juga mengucapkan terima kasih pada pemerintah atas dukungan yang terus diberikan. Salah satu pembangunan infrastruktur jalan yang berasal dari dana desa yang dibangun menjadi akses menuju pantai inilah cikal bakal munculnya sejumlah fasilitas objek wisata di pantai ini.

Dengan dibukanya akses menuju pantai terus berkembang dan peningkatan pengunjung terus meningkat. Dan sejumlah kuliner juga sudah lengkap, pengusahanya juga tidak hanya lokal ada yang juga dari berbagai luar daerah.

Lebih lanjut katanya, dengan adanya objek wisata pantai sangat menguntungkan sejumlah pihak termasuk warga sekitar. Masyarakat sudah menikmati fasilitas yang diberikan pemerintahan melalui dana desa.

Sementara, nelayan tradisional yang saat ini masih aktif di pantai Kade Tigo menjadi salah satu daya tarik pengunjung khususnya mereka yang datang dari luar Tapteng, yang senang ikut berpartisipasi menarik jaring pukek dan hasil tangkapan ikan diperjualbelikan dan di bakar sendiri oleh pengunjung di pusat lesehan Kade Tigo.

Untung juga menyebutkan saat ini pihaknya terus membenahi pantai termasuk dalam melaksanakan pembersihan bibir pantai. Sejumlah pengunjung juga memuji keindahan pantai Kade Tigo.

Salah seorang pengunjung, Elderia (18) dan Syarif (20) pengunjung asal kota Sibolga mengakui kalau pantai Kade Tigo memang sangat luar biasa keindahaannya. Pasir putih membentang airnya jernih dan fasilitas objek wisatanya sudah mendukung. (gp/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close