Berita

Hari Bhakti ke-74, RRI Untuk Indonesia Lebih Bertoleransi

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) merayakan hari Bhakti ke 74, tepat pada 11 September 2019. Perayaan tahun ini mengusung tema “Untuk Indonesia Lebih Bertoleransi”. Lewat tema tersebut RRI pun dituntut harus hadir dengan program-program siaran guna merajut kohesi bangsa.

“Demikianlah terus menerus dan tak henti-hentinya Radio Republik Indonesia bicara Untuk Indonesia Lebih Bertoleransi. Merajut kohesi bangsa, menghidupkan yang redup menjadi cahaya keemasan bagi Indonesia yang lebih bermartabat. RRI lahir dari bumi pertiwi dan akan mati bergulung-gulung ketika kiamat tiba,” ujar Direktur Utama RRI Mohammad Rohanudin dalam pidato HUT RRI ke 74 di Jakarta yang disiarkan lewat video conference ke seluruh stasiun RRI di tanah air.

Mohammad juga memaparkan penyebarluasan informasi mencerdaskan bangsa yang telah dilakukan RRI sejauh ini menggunakan beragam platfrom dalam menyikapi era digitalisasi sekarang.

“Di era digitalisasi RRI lebih menyebrang terbang melayang ke angkasa ke semua platform tidak terkecuali radio yang divisualkan yang kemudian kami beri nama RRI NET. Hadir bukan untuk bersaing melainkan ingin lebih jauh menorehkan perjuangan sejatinya, memberikan pencerahan kepada bangsa Indonesia,” katanya.

“Didadanya ada merah putih, dibola matanya terpancar cahaya keindonesiaan, kami hadir untuk anda semua bangsa Indonesia. Sekali diudara tetap diudara,” sebut Mohammad menutup pidato.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Sibolga Edy Purwadi Silitonga usai penyulutan obor Tri Prasetya di aula lantai dua gedung RRI Sibolga mengatakan, RRI berkomitmen selalu mengedepankan kepentingan publik dalam program-program siaran, serta tidak lupa terus menyuarakan nilai-nilai toleransi untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Hari ini adalah hari lahirnya RRI, namun yang terpenting untuk bagi angkasawan dan angkasawati (pegawai RRI), mari kita tingkatkan kualitas program siaran RRI Sibolga,” kata Edy, di hadapan para karyawan dan karyawti RRI, serta undangan lainnya.

Perayaan HUT RRI ke 74 di RRI Sibolga, berlangsung dengan meriah dan khidmat. Acara diawali dengan upacara pengibaran bendera yang disusul penyulutan obor Tri Prasetya, dihadiri puluhan Purnabakti RRI Sibolga, angkaswan/angkasawati dan para undangan lainnya.

Selain itu, dalam rangka perayaan HUT RRI ke 74 itu, RRI Sibolga juga menggelar kompetisi Bintang Radio Nasional. Di mana pada Kamis (11/9) malam itu menampilkan 5 finalis putra dan 5 finalis putri.

Sebelumnya, pada babak audisi pekan lalu disebutkan, sebanyak 113 peserta turut dalam audisi kompetisi Bintang Radio RRI Sibolga tahun ini, dari jumlah tersebut 10 finalis terpilih masuk pada babak grand final.

Penamilan olah vokal para finalis yang cukup memukau diakui ketua tim dewan juri Nuzar Karmina menyulitkan juri memilih yang terbaik.

Namun dari hasil penilaian, Jhon Hilman Sitinjak dan Suci Lestari  akhirnya dinobatkan menjadi juara pertama putra dan putri.

“Kami yakin yang menjadi juara pada kompetisi kali ini akan membawa nama harum daerah pada kompetisi tingkat nasional. Untuk seluruh peserta juga kami ucapkan selamat dan tetaplah berkarya,” kata Nuzar saat pengumuman pemenang.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Sibolga Edi Purwadi Silitonga ketika menutup Kompetisi Bintang Radio 2019, mengapresiasi tingginya atensi para kaum muda yang ikut dalam kompetisi pencarian bakat seni tarik suara tersebut.

Kegiatan-kegiatan menggali bakat-bakat kalangan remaja sebut Edy, akan tetap menjadi program berkesinambungan termasuk acara-acara dengan konten-konten merawat budaya.

“Apapun keputusan dewan juri, ya itulah yang terbaik bagi kita. Kemudian bagi yang tereliminasi mungkin mulai dari audisi sampai babak semifinal saya berharap jangan berputus asa, kita coba lagi untuk tahun depan atau mungkin juga RRI barangkali akan menyelenggarakan festival lagu dangdut dan lagu daerah. Mari adek-adek sekalian kita asah kemampuan kita dalam ber olah vokal,” ujar Edy.

Selain dinobatkan sebagai pemenang dalam kompetisi tahun ini, Jhon Hilman Sitinjak dan Suci Lestari juga akan menjadi wakil RRI Sibolga pada kompetisi Bintang Radio Nasional yang dihelat di Malang 21 hingga 27 Oktober 2019 mendatang. (dh/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close