Berita

9 Dusun di Tobasa Belum Masuk Listrik

TOBASA, FaseBerita.ID – Hingga akhir tahun 2019, masih ada 9 dusun pemukiman warga dengan penghuni sebanyak 161 Kepala Keluarga di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang belum menikmati layanan listrik.

Data yang dihimpun dari Dinas Perdagangan dan UKM Pemkab Tobasa, dusun yang belum masuk listrik itu yakni, 5 Dusun di Kecamatan Pintupohan Meranti, diantaranya Dusun Dolok Nauli di Desa Meranti Utara, Dusun Pardomuan di Desa Meranti Utara, Dusun Batu Rangin di Desa Meranti Tengah, dan Dusun Sumber Makmur di Desa Meranti Tangah. Dua dusun di Kecamatan Silaen, yakni Dusun I dan Dusun II di Desa Meranti Barat.

Kemudian satu dusun di Kecamatan Uluan yaitu Dusun Parendean di Desa Parik. Satu Dusun di Kecamatan Habinsaran yaitu Dusun VII di Desa Lumban Rau Barat. Kemudian satu dusun di Kecamatan Nassau, yaitu Dusun Batu Sinoning di Desa Cinta Dame.

“Hingga Agustus 2019 ada sebanyak 12 dusun yang belum masuk liatrik. 3 dusun diantaranya akan rampung tahun ini dari PLN. Selanjutnya 9 dusun lainnya ditargetkan rampung tahun depan,” terang Marsarasi Simanjuntak, Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Pemkab Tobasa.

Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Tobasa telah berupaya untuk merealisasikan layanan listrik di seluruh pemukiman warga di daerah itu. Dimana sejak tahun 2016 lalu, ada sebanyak 61 dusun yang tidak masuk listrik.

Namun hingga tahun 2018, 42 dusun diantaranya sudah teralisir listrik. Selain dari PLN, juga telah dibangun 3 unit PLTMH dengan anggaran dari pusat.

“Pada umumnya, persoalan dilapangan adalah jarak dan medan yang susah di jangkau kendaraan roda 4, sehingga sulit untuk membuka jaringan. Namun demikian, pemerintah memberikan perhatian serius untuk persoalan ini. 9 Dusun lainnya yang belum masuk listrik, tahun depan  kita upayakan selesai dengan jaringan listrik dari PLN,” ungkapnya. (ft/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close