Berita

Sabu 9 Kg dari Dumai Gagal Beredar di Batubara

MEDAN, FaseBerita.ID – Darwis Edo (33), warga Dusun Gambus Laut, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara ditangkap personel unit 2 Subdit 1 Ditnarkoba Polda Sumut.

Dirnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung melalui Kasubdit I DitNarkoba Polda Sumut AKBP Fadris mengatakan Darwis Edo ditangkap karena ketahuan membawa narkotika jenis sabu-sabu seberat 9 Kg yang akan disebarkan ke Kabupaten Batubara.

Pria dengan melati dua dipundaknya ini menceritakan penangkapan berawal saat unit 2 Subdit 1 Ditnarkoba Polda Sumut pada Rabu (4/9/2019) mendapat informasi akan ada satu unit bus yang melintas dari Dumai menuju Medan, salah satu penumpang ada yang membawa narkotika jenis sabu.

“Kita langsung bergerak menuju ke Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu untuk memantau bus yang dimaksud,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Saat bus melintas, kata Fadris, pihaknya menghentikan dan melakukan pemeriksaan terhadap semua penumpang dan mencari orang yang dicurigai beserta barang bawaannya.

“Kita menemukan satu penumpang yang kedapatan membawa satu bungkus karung goni warna putih yang didalamnya berisikan 9 bungkus teh cina warna hijau merek Qing Shan yang kita duga berisi narkotika jenis sabu,” terangnya.

Fadris menyatakan pihaknya juga mengamankan sepeda motor Honda Vario BK 2136 MAO. Kepada petugas, Darwis Edo mengaku sepeda motor itu ia kendarai dari Batubara menuju Dumai untuk menjemput 9 bungkus Narkotika jenis Sabu yang ia terima dari seorang pria berinisial Iwan (DPO).

“Setelah Darwis Edo menerima sabu, ia pun kembali ke arah Batubara dengan sepeda motor Vario. Dan ditengah jalan, ia menghentikan bus Makmur untuk menumpang kembali ke Batubara,” katanya.

Saat naik ke bus, aku pria dengan melati dua dipundaknya ini, Darwis Edo juga menaikkan barang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu beserta sepeda motor ke dalam bus.

“DE mengaku sabu-sabu itu diambil di Dumai untuk dibawa ke Batubara dan akan disebarkan di Batubara,”ujar Fadris seraya menyatakan Darwis Edo ditangkap di Jalan Lintas Rantau Prapat – Medan, Kabupaten Labuhanbatu pada Rabu (4/9/2019) sekitar pukul 01.10 WIB.

Sekarang, katanya, Darwis Edo dan barang bukti sudah diamankan di Ditnarkoba Polda Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut, termasuk mencari informasi mengenai Iwan yang masuk ke DPO.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa sebuah plastik besar warna merah didalamnya terdapat 9 bungkus teh cina warna hijau merek Qing Shan yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 9000 gram, satu unit handphone merek Nokia putih, serta satu sepeda motor merek Honda Vario BK 2136 MAO. (int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close